Wisata Cirebon yang Bisa Anda Kunjungi

Cirebon dikenal memiliki beragam potensi wisata yang menarik. Tak hanya wisata sejarah, batik dan kulinernya yang telah terkenal sejak dulu, daerah tersebut juga memiliki potensi wisata alam yang mempesona salah satunya destinasi wisata curug yang mempesona wajib kamu kunjungi ketika erada di Cirebon berikut kami merekomendasikan 7 curug yang indah.

Anda sedang membutuhkan Rental mobil murah Cirebon dan sekitarnya? Bisa klik pada link tersebut.

1. Curug Sawer

Ini adalah rumah bagi elang jawa langka (Spizaetus bartelsi), dan pohon jamuju (Podocarpus imbricata) yang biasanya hidup di ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut. Curug Sawer terletak di Lembah Cilengkrang di kaki Gunung Ceremai, Desa Pajambon, Kecamatan Kramatmulya.

Tidakkah cukup dengan keindahan Air Terjun Sawer sebagai rasa lega? Jika bisa menahan suhu dingin, pengunjung bisa berenang di sungai kecil yang airnya jernih di dekat Air Terjun Sawer.

2. Curug Putri Palatungan

Dikelilingi tebing-tebing yang epik, kicauan burung berpadu dengan alam dan suara air terjun yang jatuh, sangat efektif untuk mengatasi kepenatan dan kejenuhan akibat kesibukan.

Tidak hanya menawarkan keindahan alam Curug Putri, ada juga beberapa tempat yang bagus untuk selfie, yaitu sayap langit, bunga matahari, rumah hobbit, sarang burung dan menara bambu. Nama Curug Putri diambil karena jika dilihat dari kejauhan, bentuk air terjunnya menyerupai seorang putri berbaju putih.

3. Curug Cipetuy

Curug Cipeuteuy disebut-sebut sebagai air terjun dengan air super biru. Warna airnya yang biru dan jernih, membuat kerikil dan ikan-ikan kecil terlihat jelas. Alam air terjun yang indah, pepohonan yang rindang, udara yang sejuk, menambah keindahan air terjun Cipeuteuy. Curug Cipeuteuy terletak di Jalan Dukuh Pasir, Bantaragung.

4. Curug Landung

Terletak di kaki Gunung Ciremai, Curug Landung memiliki panorama alam yang indah. Sesuai dengan nama Landung yang artinya panjang. Airnya yang jernih dan sangat dingin bisa membawa kesegaran tersendiri bagi yang menikmati Curug Landung. Di Curug Landung, pengelola juga menyediakan banyak gazebo, toilet, dan kios yang tertata rapi.

5. Curug Tapak Kuda

Curug Kuda terletak di desa Sadawangi, Kec. Rich Ground, Horse Tread Falls juga memiliki pesona keindahan yang tak terkalahkan lho. Keunikan Curug Kuda adalah memiliki dua anak tangga, dimana air terjun utama berukuran lebih tinggi dan di bawahnya terdapat kolam renang alami.

Air terjun nomor dua atau anak tangga dua memiliki ukuran yang lebih pendek dan menjadi tempat favorit pengunjung untuk berfoto dan merasakan sensasi sejuknya air terjun kuda.

6. Curug Sabuk

Curug Sabuk terletak di lereng Gunung Ciremai (Lembah Cilengkrang) dan tingginya sekitar 35 m, dengan debit air yang cukup deras. Uniknya, air dingin dari air terjun ini menjadi hangat saat mengalir di antara bebatuan sungai di bawahnya.

Hal ini dikarenakan di samping aliran air dari air terjun sabuk ini terdapat beberapa sumber air panas. Warga bahkan membuat mobil pikap yang menampung kurang lebih 15 orang untuk menampung air hangat tersebut.

Jika sobat Lio datang dari arah Cirebon, jika sampai di pasar Jalaksana (Pasar Krucuk) akan ada pertigaan dan harus terus bermain. Selain itu, untuk mencapai air terjun, Anda harus berjalan kaki sekitar 1 jam melalui jalan setapak dan melewati hutan Gunung Ciremai yang masih belum ditebangi.

Kami juga menyediakan Rental mobil Cirebon dan sekitarnya.

7. Curug Putri

Berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai dengan waktu tempuh hanya 10 menit dari pintu masuk Palutungan, Kuningan, Lio bisa merasakan kesegaran Curug Putri. Selama perjalanan dari Palutungan, temannya Lio akan melewati beberapa anak tangga.

Jika ingin berenang di air terjun yang besar, Anda bisa menyeberangi sungai kecil dan mendaki sedikit untuk merasakan sejuknya air yang langsung turun dari ketinggian hampir 12 meter.