Ukiran Kayu – Salah Satu Produk Bali Paling Favorit

Jika Anda berwisata ke Bali, kemungkinan besar Anda akan melihat banyak ukiran kayu yang merupakan salah satu produk Bali yang paling terkenal. Produk ukiran kayu di Bali tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran; dari patung kecil dan topeng tradisional hingga pilar besar, arsitektur rumah tradisional, dinding, dan patung besar. Ukiran kayu adalah barang favorit untuk dikagumi dan dibeli, dan ukiran kayu Bali telah mendapat pengakuan dari para pecinta seni di seluruh dunia. Jika Anda memiliki budget ekstra untuk produk asli dari Bali, ukiran kayu bisa menjadi pilihan yang baik.

Kualitas Produk Ukiran Kayu Bali

Ukiran kayu Bali terkenal dengan detailnya yang sangat rumit; banyak ukiran mengambil bentuk hewan, manusia, Dewa, Dewi dan makhluk dari mitologi Bali, yang merupakan campuran antara kepercayaan Hindu dan pengaruh kepercayaan lokal sepanjang sejarah Bali. Detailnya memesona, dan ukirannya yang unik dan halus, yang merupakan ciri khas seni Bali. Ukiran kayu Bali adalah objek studi konstan untuk banyak sekolah seni dan sarjana, dan sekarang, mereka tersedia bahkan untuk orang yang tidak pergi ke Bali secara langsung.

Ukiran kayu Bali biasanya dibuat dari kayu seperti kayu suar, kayu nangka, dan kayu blalu. Kadang-kadang, para pemahat bahkan menggunakan sejenis akar keras. Bahan-bahan yang berbeda ini memberikan corak dan pola alami yang berbeda, yang memberikan keunikan pada setiap produk ukiran. Pemahat kayu Bali juga sangat berdedikasi pada pekerjaannya, dan banyak pemahat sering mewariskan keahliannya kepada anak-anak mereka. Banyak dari ukiran ini bahkan membutuhkan lebih dari dua orang untuk menyelesaikannya; Seringkali, sebuah karya seni yang sangat besar membutuhkan beberapa orang untuk mengerjakannya dan dibagi menjadi beberapa bagian, sebelum mereka dirakit.

Saat ini, sebuah desa kecil di dekat Ubud yang disebut Desa Mas dikenal sebagai pusat ukiran kayu yang terkenal, dan banyak pelancong datang ke desa kecil ini hanya untuk melihat dan membeli berbagai ukiran kayu atau mengunjungi galeri dan menyaksikan bagaimana para pemahat melakukan pekerjaan mereka di tempat kerja mereka.

Jenis Produk Ukiran Kayu

Sebagai produk Bali yang terkenal, ukiran kayu dihadirkan dalam berbagai bentuk dan ukuran untuk memenuhi preferensi pecinta ukiran kayu yang berbeda di seluruh dunia. Patung sangat terkenal, dan banyak orang memesan karya menakjubkan ini untuk menghiasi rumah, kantor, hotel, restoran, dan banyak lagi. Topeng tradisional Bali juga terkenal karena detail dan ekspresinya, dan biasanya dibeli untuk menghiasi dinding. Ada juga benda-benda seperti patung kecil, pembatas buku, alas lampu, dan dekorasi rumah Bali (Bali home decor) lainnya.

Ada juga karya seni yang lebih masif; misalnya, pemahat dapat bekerja pada pilar dan tiang kayu untuk digabungkan ke sebuah bangunan, atau mereka dapat bekerja untuk membuat arsitektur lainnya seperti panel langit-langit. Ada juga ukiran yang tergabung pada benda-benda praktis rumah tangga seperti kursi, meja, bangku dan perabotan rumah Bali (Bali homewares wholesale) lainnya. Ini adalah karya yang luar biasa, dan produk asli Bali pasti bernilai sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Sebagai tambahan informasi mengenai ukiran kayu dari pulau Bali bahwa produk ini diproduksi menggunakan berbagai jenis kayu yang sebagian besar memiliki kelembaban tinggi. Seperti kayu suar yang merupakan salah satu bahan umum untuk pembuatan patung, merupakan jenis kayu keras yang memiliki kelembaban yang cukup tinggi dan berjamur adalah masalah umum. Tidak dapat dijemur di bawah sinar matahari secara langsung atau metode pengeringan cepat lainnya karena akan membuat kayu retak. Dibutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mengeringkannya dengan sempurna.

Jika Anda ingin membeli ukiran kayu Bali, belilah ukiran asli dari toko yang mengambil persediaannya langsung dari pengrajin lokal, bukan dari daerah lain yang mengklaim memiliki ukiran asli Bali (padahal sebenarnya tidak). Produk asli Bali khususnya ukiran kayu sangat mengagumkan dan akan memberikan kesan yang indah dimanapun Anda meletakkannya.