Uncategorized

Tips dan Manfaat Mengajarkan Bahasa Asing Kepada Anak

Summary

Tidak hanya di Indonesia, kini para orang tua mengajar bahasa asing bersama mereka. Bahkan banyak anak muda yang fasih berbahasa asing, terutama bahasa Inggris. Lantas, mengapa penting sekali mengajar bahasa asing dan apa saja tipsnya? Eurydice menulis bahasa sebagai bagian […]

Tidak hanya di Indonesia, kini para orang tua mengajar bahasa asing bersama mereka. Bahkan banyak anak muda yang fasih berbahasa asing, terutama bahasa Inggris. Lantas, mengapa penting sekali mengajar bahasa asing dan apa saja tipsnya? Eurydice menulis bahasa sebagai bagian penting dalam hidupnya. Apa yang dia lakukan berkaitan dengan bahasa.

Perkuat bahasa untuk membentuk, mencampurkan, atau berbagi yang dapat diidentifikasi secara pribadi dan digunakan dengan berbagai metode untuk memengaruhi dan mengarahkan mereka. Karenanya, bahasa asing merupakan hal yang penting untuk diajarkan pada anak.

Jika mencari kosa kata diberbagai bahasa Internasional & Daerah, Anda bisa kunjungi kamus online maknaa.com aja!

Kemajuan teknologi akan membuka peluang bagi anak untuk berkomunikasi dengan berbagai macam orang dari berbagai daerah. Berbekal bahasa asing yang sudah Anda kuasai sejak kecil, akan lebih mudah beradaptasi dengan dunia global.

Selain itu, banyak manfaat yang bisa didapat jika belajar bahasa asing sejak awal seperti berikut ini :

1. Anak-anak yang belajar bahasa lebih imajinatif, lebih baik dalam menggunakan ide-ide abstrak, dan lebih fleksibel dalam berpikir.

2. Mereka memiliki kepekaan yang lebih besar terhadap lidah mereka dan telinga yang lebih baik untuk mendengarkan.

3. Belajar bahasa asing meningkatkan pemahaman anak tentang bahasa hasil mereka sendiri.

4. Kapan akan mengungkapkan budaya lain dan membantu anak-anak memahami dan menghormati orang dari negara lain.

5. Bahasa dapat membantunya merasa terhubung dengan situasi historis yang terjadi.

Hambatan mungkin muncul saat mengajar anak kecil untuk menggunakan bahasa asing. Ada berbagai macam faktor yang menjadi pemicu seperti usia anak, bahasa pertama yang mereka gunakan, dan alasan belajar bahasa asing.

Cara guru mengajar di sekolah juga menjadi faktor pemicu agar anak usia dini dapat memanfaatkannya dengan lancar. Anda dapat membantu anak Anda belajar lebih cepat dengan memberi mereka kesempatan untuk menggunakan bahasa Inggris.

Dengan meliput penggunaan bahasa asing sehari-hari, mereka mungkin memiliki alasan nyata untuk menggunakan bahasa tersebut, daripada hanya mempelajari tata bahasa.

Dilansir dari Cambridge England, anak perempuan dan laki-laki memiliki kemampuan belajar bahasa yang berbeda. Anak perempuan cenderung mengembangkan bahasa lebih cepat.

Sikap belajar dapat berdampak besar pada keberhasilan pendidikan sehingga penting untuk menemukan cara untuk mendorong anak dan membantu mereka menikmati pembelajaran. Ada tiga langkah yang bisa dilakukan ketika orang tua mengajarkan bahasa asing kepada anak sejak kecil, seperti:

1. Awitan dini Setiap bayi dilahirkan dengan kemampuan meniru suara bahasa apa pun. Namun saat bayi berusia sekitar 10 bulan, ia mulai mengeluarkan suara agar bisa terdengar di sekitarnya. Jadi, jika Anda ingin anak Anda belajar bahasa kedua, lebih baik Anda kenal terlebih dahulu.

Jika Anda adalah keluarga dwibahasa (atau memiliki pengasuh dwibahasa), masukkan salah satu orang tua (dan / atau pengasuh) dan ucapkan kata dasar kedua terhadap bayi setiap kali dia memiliki kesempatan untuk belajar dengan mendengarkan bayi.

2. Daftarkan anak Anda ke kelas bahasa Jika anak Anda tidak memiliki kesempatan untuk belajar bahasa kedua di rumah, Anda dapat mendaftar untuk anak kelas bahasa. Beberapa sekolah menawarkan kelas “Mom & Me” untuk usia 2 tahun, dan yang lainnya menawarkan kelas untuk usia sekolah dan sekolah. Saat mencari kelas, pastikan kelas tersebut memiliki pembicara asli, membuat anak tertarik, dan cukup lama bagi anak untuk belajar.

3. Kembangkan pembelajaran di rumah menggunakan bahasa asing setiap hari. Meskipun kelas dapat memberikan dasar yang baik untuk belajar bahasa, Anda perlu memperkuat konsep di rumah. Berikut beberapa cara untuk melakukannya: Perkenalkan anak Anda pada buku bergambar, video, kaset, CD, dan acara TV berbahasa asing yang ditujukan untuk anak-anak.

Cari halaman situs budaya asing seperti Paris.org yang dapat dilihat dalam bahasa Inggris dan bahasa asing. Telusuri departemen makanan etnis di supermarket dan lihat labelnya, Beri label barang-barang rumah tangga dalam bahasa asing, dan praktikkan mengenali, Undang tamu yang fasih dalam bahasa lain.