Arsip Infografis  – Perang modern memiliki pendekatan yang sangat berbeda. Permodelan komputer NATO yang dipandu mesin Ai menyangkut akan Ukraina hanya akan bertahan 72-96 jam jatuh sepenuhnya ke tangan Rusia.

 

 

Peran perangkat taktis minimalis dan berteknologi tinggi ternyata menjadi kunci dari pertahanan. Setelah melihat performa senjata pBayraktar TB2anggul ringan kita tidak bisa mengabaikan peran Drone tempur.

Selain serangan fisik Drone bayraktar TB2 diduga membantu memasok data operator intelijen dalam perang elektronik Ukraina. Banyak pakar militer dibuat kaget dengan dieliminasi nya tiga Jenderal Rusia, sangat jarang seorang jenderal dapat disentuh selama peperangan kecuali oleh operator intelijen.

Terakhir kali terjadi dua orang Jendral mati itu adalah di pertempuran 50 tahun yang lalu, saat perang Vietnam dimana Amerika kehilangan dua jendralnya. Dukungan drone seperti bayraktar TB2 dalam operasi fisik bersenjata maupun operasi perang elektronik sangat signifikan. Sebab bayraktar TB2 memiliki kemampuan serangan mematikan dan kemampuan survei langsung untuk mengumpulkan data secara Real Time.

Bayraktar TB2 dikembangkan dan diproduksi oleh perusahaan Turki baik teknologi bisnis pertahanan yang didirikan pada tahun 1986 oleh keluarga bayraktar. Menantu presiden Turki Erdogan, beyraktar adalah shift teknologi officer perusahaan menurut data perusahaan ekspornya tumbuh tujuh kali lipat antara tahun 2006-2021.

Laporan media mengatakan TB2 telah menerima pesanan dari 16 negara termasuk Ukraina, Azerbaijan, Maroko, Tunisia, Qatar, kirgizstan dan Turkmenistan. Polandia adalah anggota NATO pertama yang membeli Drone pada tahun lalu.

Ukraina telah memiliki Drone TB2 sejak 2019 dan telah membeli sekitar 50 selama tiga tahun terakhir serta ada tambahan pengiriman yang dirahasiakan jumlah dan spesifikasinya. Bayraktar TB2 adalah medium altitud long endures atau male, kendaraan udara tak berawak taktis yang mampu melakukan misi intelijen, pengawasan? pengintaian dan serangan bersenjata.

Sesain yang sangat canggih menyediakan semua solusi yang dibutuhkan operator dalam satu sistem terintegrasi. Sistem ini terdiri dari bayraktar TB2 platform ground control station, ground data terminal, remote display terminal.

Advance base dengan modus generator dan mobil trailer berkat akumulasi dan kemampuan teknologi bayraktar selama puluhan tahun. Seluruh sistem diproduksi secara lokal oleh Turki. Bayraktar mempunyai suit avionik onboard dengan sistem avionik rangkap tiga yang memungkinkan lepas landas pendaratan penerbangan yang sepenuhnya otonom.

TB2 telah membuktikan keampuhannya dengan lebih dari 420.000 jam terbang operasional. Saat ini ada 257 platform bayraktar yang digunakan Turki? Qatar? Ukraina dan Azerbaijan. Bayraktar tb2 memegang rekor dalam sejarah penerbangan Turki dengan daya tahan Terbang 27 jam menit di ketinggian 25.000 kaki .

TB2 memiliki platform dasar yaitu ketinggian operasional 18.000 kaki, mampu beroperasi 27 jam maksimum air time, control penerbangan otomatis, triple redundant? fitur pendaratan dan Lepas Landas full auto pilot tanpa ketergantungan pada sistem darat. Navigasi dengan penggabungan sensor internal tanpa ketergantungan pada GPS.

Spesifimasi Bayraktar TB2

– Memiliki jangkauan komunikasi 300 KM,
– Kecepatan maksimum 70-120 not,
– Kapasitas muatan 150 kg,
– Multi porpuse caesar radar,
– Bisa membawa empat amunisi cerdas
– Berpandangan laser
– Kapasitas bahan bakarnya 300 liter bensin
– Berat Lepas landasnya 700 kg

Sementara spesifikasi fisiknya sebagai berikut:

– Memiliki lebar sayap 12 m
– Tingginya 2,2 meter
– Panjang 6,5 m
– Dibekali mesin injeksi pembakaran internal 105 house power

Harga bayraktar jauh lebih murah dibandingkan dengan Drone lain di kelasnya dan yang paling menarik adalah bisa diisi dengan bahan bakar bensin biasa.

Bayraktar dibekali real-time imagery transmission system atau BCM menyediakan transmisi gambar realtime dan solusi pemrosesan untuk pertahanan. BCM memungkinkan siaran langsung beresolusi tinggi tanpa penundaan atau delete untuk dipantau oleh banyak pengguna pada saat yang bersamaan.

BCM adalah aplikasi berbasis web yang memungkinkan pengguna untuk menonton siaran langsung dengan aman di jaringan atau tablet menggunakan aplikasi seluler. Sistem secara otomatis menyimpan semua Citra yang dikirimkan ke dalam file 30 menit.

Saat memantau Citra langsung pengguna dapat membuat catatan multitech pada sistem tag dan label yang disimpan akan memudahkan pencarian melalui video arsip. Untuk alasan keamanan sistem secara otomatis membuat ulang kata sandi sementara untuk mengamankan akses ke Citra yang ditransmisikan dan diarsipkan secara langsung.

Transfer data dari jaringan yang sangat aman ke perangkat seluler diamankan dengan mengadopsi metode enkripsi end-to-end.

Baycar control station atau mobil DCS memastikan kendali jarak jauh platfrom bayraktar pb2 dari pangkalan depan jauh dari pusat komando pusat. Antena komunikasi yang kuat dari mobil DCS memperluas jangkauan misi dengan memungkinkan bayraktar tb2 lepas landas dan mendarat di berbagai lokasi yang sulit.

Mobile DCS adalah desain biker sendiri dilengkapi sensor mutakhir dan katup kontrol yang memungkinkannya dipasang dengan aman dalam waktu yang singkat.

Bisakah bayraktar tb2 mempengaruhi perang Ukraina?

Tidak jelas berapa banyak Drone yang sebenarnya dimiliki oleh Ukraina dan apakah Turki telah mengirimkan semua pesanan terbaru tetapi jika seandainya Ukraina memiliki semua Drone yang diminta Dapatkah ini mengubah hasil perang negara itu dengan Rusia.

Beberapa pakar mengatakan bahwa faktor penentu ada pada operasi pertempuran darat. Namun Drone bisa membuat perbedaan dengan melakukan operasi sporadis yang menghancurkan konvoi dan mengacuhkan pasokan logistik. Sambil mengawal pertempuran darat Drone juga bisa memberikan informasi intelijen secara Real Time sehingga pusat komando bisa cepat mengambil langkah untuk mendukung pertumbuhan di lapangan.

Kombinasi Drone dan senjata taktis terbukti membuat prediksi banyak pagar meleset Rusia sendiri menargetkan serangan cepat untuk dan Ukraina. Namun setelah dua minggu belum mampu menguasai beberapa kota strategis dan telah mengubah pola serangan daratnya menjadi serangan rudal dan udara dari jarak jauh.

Putin juga mengerahkan pasukan tambahan dari Suriah, Belarusia dan chechnya untuk mendukung serangan Amerika dan Nato. Kemungkinan besar juga akan memindahkan militan Afganistan ke Ukraina. Namun yang harus kita ketahui adalah dalam sebuah perang kebenaran adalah anak tiri.

Sebab informasi video apapun produk informasi yang disebar adalah bagian dari Perang itu sendiri. Semuanya bersifat propaganda untuk memenangkan opini publik. Hal ini disebut sebagai peran informasi, kita seharusnya jeli memilah meneliti dan melakukan kroscek terhadap informasi baik itu dari pihak Rusia maupun Ukraina jika tidak maka kita juga akan menjadi korban dari perang informasi ini.

By Drajad