Membahas mobil untuk keluarga, tentunya masyarakat Indonesia pasti akan langsung tertuju pada Avanza. Dimana mobil ini memang digadang-gadangkan menjadi mobil keluarga atau Multi Purpose Vehicle (MPV) yang sangat laris di pasar otomotif Indonesia sejak pertama kali diluncurkan.

Di tahun 2019 lalu Toyota telah mengembangkan produk Avanza dan Veloz Facelift. Penyegaran yang dilakukan oleh Toyota sendiri dalam hal ini bertujuan guna mempertahankan pasar. Meskipun keduanya tampak serupa, namun sebenarnya kedua mobil ini memiliki perbedaan yang cukup tegas.

Lantas seperti apa saja perbedaan dari keduanya? Simak penjelasannya dibawah ini!

Sudah Bukan Satu Produk Lagi, Ini Perbedaan Veloz dan Avanza Generasi New

Secara resmi Toyota sebagai produsen mobil ternama asal Jepang, telah merilis Toyota All New Avanza 2022 dengan balutan world premiere di 10 November 2021 lalu. Saudara kembar dari all new Toyota Veloz ini juga turut serta dirilis lantaran memiliki satu basis mobil yang serupa.

Walau demikian, sering disebut sebagai produk kembaran, namun segmentasi dan target pasta keduanya kian berbeda jauh. Pabrikan ini juga telah memisahkannya menjadi dua entitas yang berbeda, tidak seperti sebelumnya dimana keduanya menjadi satu entitas.

Saat peluncuran generasi new ini Toyota tidak hanya membedakan Harga Avanza saja, melainkan dalam peluncurannya ini Toyota tidak memberikan emblem “ Veloz” pada Avanza. Bahkan dapur produksinya saja berbeda  Avanza tetap Daihatsu dan Veloz diproduksi oleh Toyota.

Oleh sebab itu pabrikan membuat keduanya memiliki perubahan yang besar. Satu model tetap mempertahankan DNA selaku Low MPV, sementara satunya dibuat memiliki penampilan crossover namun tetap masuk dalam kalangan mobil multifungsi.

Berdasarkan pendapat direktur marketing PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy menyebutkan, kalau perbedaan dari Avanza dan Veloz bertujuan guna mengakomodasikan kebutuhan konsumen yang berbeda.

Kehadiran keduanya juga sebagai bentuk dari upaya perluasan pasar Low MPV 7 seat yang dihadirkan di pasar Otomotif Indonesia. berikut dibawah ini beberapa perbedaan dari Avanza dan Veloz generasi “ All New” yang harus Anda ketahui.

Mesin

Untuk mesin keduanya, sama-sama masih mengusung dua pilihan mesin. Pertama 1.329 cc yang dapat mengeluarkan tenaga 96,5 PS di 6.000 rpm dan torsi puncak 120 Nm di 4.200 rpm. Pilihan mesin kedua 1.496 cc d silinder yang menghasilkan tenaga 104 PS di 6000 rpm dan torsi 136.4 Nm di 4.200 rpm.

Kedua mesin tersebut juga disediakan dengan dua pilihan transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Eksterior

Eksterior Veloz mempunyai desain yang cenderung mewah dengan pemasangan gril lebar yang dikemas dengan drak chrome gamis. Sedangkan Avanza hanya dikemas menggunakan chrom saja. perbedan lain pun terdapat pada bumper depan.

Bumper depan Veloz terdapat lekuk yang lebih tegas dengan kisi-kisi udara yang tampak sporty. Selain itu, untuk sisi samping, Veloz juga mendapatkan sentuhan side body molding dengan side skirt anyar yang sudah dilengkapi akses chrome. Keduanya pun sudah dilengkapi lampu LED terbaru.

Interior

Bergeser ke sisi interior, dari kedua jenis mobil tersebut terdapat perbedaan yang sangat signifikan. Avanza memiliki warna yang lebih terang dengan penggunaan dual tone hitam dan abu pada bagian kabin. Sementara Veloz mempunyai desain yang gelap dengan mendominasi warna hitam.

Fitur

Untuk sisi fitur, Veloz telah disematkan fitur baru yang tidak ada di Avanza seperti halnya Smart Entry, Start Stop Button, dan follow me home light yang memiliki fungsi agar lampu utama tetap menyala dengan beberapa saat guna mempermudah pengemudi ketika masuk ke dalam rumah.

Tapi untuk sisi entertainment, keduanya telah dibekali dengan fitur yang serupa. Diantaranya, head unit touch screen, speaker enam titik, tombol pengatur audio,digital AC control, power slot pada baris depan dan kedua, serta tersemat juga USB port yang ada pada baris ke tiga.

Untuk fitur keselamatan, dari Veloz atau Avanza sama-sama dibekali dual; SRS Airbags di semua varian, sabuk pretensioner, ABS, ISOFIX dan seatbelt tiga titik di baris kedua jadi standar yang sama di semua lini.

Dengan demikian pembahasan diatas, semoga dapat memberi banyak manfaat dan informasi yang berguna buat Anda. Dapatkan juga informasi promo atau Kredit Avanza melalui Toyota Astrido sebagai situs terpercaya dan terbukti update dalam setiap harinya.

By arief