Bisnis

Strategi Marketing Media Sosial Ini Biar Jualan Online Makin Laris

Summary

Tingginya jumlah pengguna media sosial (medsos) saat ini menawarkan keuntungan tersendiri bagi para pebisnis. Dengan berbagai platform media sosial yang tersedia, Anda dapat memasarkan produk / layanan bisnis Anda dengan lebih efisien, mudah, dan murah. Laporan riset Hootsuite “Digital Around […]

Tingginya jumlah pengguna media sosial (medsos) saat ini menawarkan keuntungan tersendiri bagi para pebisnis. Dengan berbagai platform media sosial yang tersedia, Anda dapat memasarkan produk / layanan bisnis Anda dengan lebih efisien, mudah, dan murah.

Laporan riset Hootsuite “Digital Around The World 2019” dari total 268,2 juta orang Indonesia menemukan bahwa 150 juta orang telah menggunakan media sosial. Pengguna media sosial di Indonesia didominasi oleh Generasi Milenial dan Generasi Z.

Karena datanya, aktivitas pemasaran media sosial tentu menjadi favorit banyak pemilik bisnis. Manfaat lain dari social media marketing adalah pemasaran produk tidak hanya nyaman tetapi juga mudah dalam pengelolaannya, sehingga produk / jasa dapat cepat diidentifikasi / dibeli dengan menjangkau calon konsumen sesuai target.

Bukan rahasia lagi bahwa di era digital, pemasaran media sosial digunakan sebagai media untuk berhasil meningkatkan penjualan online di berbagai e-commerce dan penjualan offline. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus mampu mengejar strategi pemasaran digital dan memilih platform media sosial yang tepat untuk stand periklanan Anda.

1. Buat konten video langsung

Konten atau siaran langsung telah menjadi populer dan menjadi salah satu strategi pemasaran paling efektif. Mereka populer dengan semua pengguna media sosial. Bagi Anda yang belum pernah membuat konten video langsung, kini saatnya mencoba cara ini. Kuncinya, percaya diri, jangan malu. Sangat penting bahwa konten yang Anda buat relevan dengan perusahaan Anda.

Pertama, mulailah dengan cara yang mudah. Misalnya, pertama-tama tentukan produk mana yang Anda buat tema untuk konten video langsung Anda di media sosial. Kemudian buat beberapa pedoman sederhana seperti: Tentukan misalnya berapa lama waktu yang Anda butuhkan, apakah akan ada review produk atau beberapa jenis produk unboxing untuk hal-hal penting lainnya yang perlu dibagikan kepada pengikut atau calon pelanggan Anda .

Untuk pemula dengan usaha kecil, Anda juga perlu mempersiapkan mental. Tidak perlu bersedih jika hanya sedikit orang yang menonton. Ingat, tenanglah dan berpikiran positif saat membuat konten promosi yang akan disiarkan langsung di media sosial kamu.

Lakukan ini secara bertahap, atau Anda dapat bekerja dengan orang lain yang sudah memiliki banyak pengikut untuk membuat konten video langsung.

2. Gunakan layanan influencer

Dalam dunia digital marketing, influencer marketing bukanlah jalan baru. Influencer adalah tokoh atau karakter yang populer dan memiliki banyak pengikut di media sosial. Akibatnya, mereka memiliki dampak yang sangat besar pada komunitas atau orang-orang yang menggunakan media sosial itu sendiri. Influencer ini dapat berasal dari berbagai latar belakang, usia, dan bidang keahlian.

Gunakan layanan influencer untuk memasarkan produk Anda agar banyak orang dapat melihat penjualan Anda. Layanan influencer sangat diminati karena mereka meningkatkan kesadaran akan merek produk / layanan dan meningkatkan penjualan.

Agar strategi pemasaran Anda dengan layanan influencer selaras dengan tujuan Anda, pertama-tama Anda harus melakukan riset dan memilih influencer yang tepat yang relevan dengan area bisnis tempat Anda beroperasi.

3. Memperkaya konten visual

Menggunakan konten visual di media sosial secara efektif mempromosikan produk / merek Anda. Buat konten dengan informasi visual yang mudah dilihat dan diingat oleh prospek dan pelanggan Anda.

Lakukan riset tentang jenis konten visual yang disukai konsumen saat ini. Pastikan semua konten visual yang diposting di media sosial berkualitas baik untuk menciptakan keterlibatan dan menumbuhkan basis penggemar Anda.

4. Buat konten yang dipersonalisasi

Personalisasi konten dalam strategi pemasaran media sosial perusahaan Anda. Cara ini efektif dalam menarik calon pelanggan ke iklan dan promosi Anda sampai Anda akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Buat draf rencana konten yang disesuaikan dengan riset produk Anda. Selanjutnya merumuskan strategi pemasaran dengan menggunakan konsep personalisasi konten. Gunakan hasil analisis untuk memaksimalkan konten Anda berdasarkan pangsa pasar saat ini.

5. Gunakan asisten virtual

Gunakan asisten virtual untuk menyederhanakan pekerjaan Anda dan mengoptimalkan aktivitas pemasaran. Ada banyak alat pemasaran yang dapat membantu Anda menjual dan melayani calon pelanggan dengan lebih cepat dan lebih ekonomis.

Lakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan layanan bantuan virtual yang tepat dan sesuai untuk berjualan di media sosial Anda. Kemudian periksa juga untuk melihat apakah layanan asisten virtual yang Anda jalankan efektif dalam menjawab pertanyaan dari calon pelanggan.

Anda ingin tau belajar peluang usaha? Jika iya, silahkan bisa kunjungi tautan tersebut, disana banyak juga contoh proposal usaha yang bisa kamu dapatkan.