‘Staycation’ tidak diragukan lagi menjadi kata buzz liburan tahun ini. Dengan janji liburan murah dan ‘barbeque musim panas’ yang nyaman di Inggris, banyak pembuat liburan mempertimbangkan untuk menukar perjalanan mereka yang biasa ke luar negeri dengan alternatif rumah. Namun, industri perjalanan luar negeri telah melawan, dan penawaran hotel di bawah 10GBP per orang per malam bisa menjadi hal yang menggoda para pelancong di luar negeri lagi pada musim dingin ini.

Kantor Statistik Nasional mencatat perjalanan ke luar negeri oleh penduduk Inggris turun sebesar 17% selama paruh pertama tahun 2009. Sementara itu, perkemahan Inggris telah mengalami booming dengan beberapa memperkirakan bahwa ini akan menjadi ‘tahun terbaik mereka’. Di masa-masa kekurangan uang ini, biaya liburan secara umum telah menjadi pendorong yang jelas untuk tren staycation. Namun, agar benar-benar hemat biaya, staycation yang baik harus menawarkan nilai di sejumlah elemen kunci; perjalanan, akomodasi, makanan, aktivitas, dan suguhan liburan ekstra adalah faktor-faktor yang harus dipertimbangkan. Triknya adalah menemukan kombinasi yang tepat.

Mungkin kombinasi ini ada di depan pintu Anda di perkemahan atau B&B lokal Anda. Namun, jika ini tidak menarik, bantuan sudah dekat. Menginap di hotel all-inclusive di Turki di mana akomodasi, makanan, dan berbagai kegiatan tercakup dalam satu klik hanya dengan 10GBP per orang per malam terbukti sangat mudah.

Destinasi sinar matahari, seperti Mesir, Turki, dan banyak lainnya, menawarkan penawaran hebat untuk hotel murah musim dingin ini. Harga untuk semua hotel inklusif di Turki dapat ditemukan mulai dari 10GBP per orang per malam Oktober ini. Sementara itu, semua hotel inklusif di Mesir dapat dipesan dengan harga di bawah 18GBP per orang per malam untuk dua orang yang berbagi kamar hotel bintang tiga di Sharm el Sheikh. Bagi mereka yang menginginkan pilihan yang lebih wisata bandung murah, tempat tidur dan sarapan di resor bintang empat di Sharm el Sheikh pada bulan November ini dapat dipesan dengan harga lebih dari 9GBP per orang per malam.

Nah, dengan harga seperti ini, apakah staycation mungkin hanya iseng-iseng saja? Untuk saat ini, setidaknya akan memiliki saingan kuat berupa banyaknya hotel murah di luar negeri. Selama masa ekonomi yang sulit berlanjut, industri perjalanan akan dipaksa untuk memenuhi anggaran yang ketat dari para pembuat liburan. Ini, setidaknya, satu lapisan perak ke awan saat ini.

By Drajad