Apakah Anda ingin menjadi seorang programmer atau apakah Anda sudah menjadi seorang programmer? Banyak orang di Indonesia yang tertarik mencari lowongan kerja programmer karena dapat memberikan upah yang baik sekaligus juga menarik. Menjadi seorang pembuat kode tidaklah sederhana, dan Anda memerlukan seperangkat keterampilan lunak yang kuat untuk berhasil. Berikut adalah beberapa metode untuk mempelajari cara memprogram.

1. Kemahiran dalam Bahasa Inggris
Tentu saja, mempelajari cara berkomunikasi dengan lancar dalam bahasa Inggris merupakan prasyarat untuk bekerja sebagai seorang programmer. Mendokumentasikan bahasa pemrograman membutuhkan kefasihan dalam bahasa Inggris.
Anda mungkin lebih mampu mendeteksi hambatan ketika Anda memiliki kemampuan bahasa Inggris yang tinggi.

2. Kemampuan Membaca Kode Sumber
Kemudian Anda juga tentunya harus tahu cara membaca source codenya. Padahal, harus dipahami bahwa source code dan logikanya tentunya harus sejalan agar tidak bingung nantinya saat membuat program atau aplikasi. Skill ini merupakan salah satu skill dasar yang harus Anda miliki.
Karena setidaknya Anda bisa mengedit atau membuat kode program baik sendiri maupun saat menjalankan proyek bersama tim.

3. Debugging
Debugging dan keterampilan dasar lainnya diperlukan saat menulis perangkat lunak bagi pemula. Ada kalanya Anda perlu mencari kesalahan atau error pada program yang sedang Anda kembangkan. Anda perlu untuk melindungi sistem sendiri dari hacker dan sejenisnya, oleh karena itu keterampilan debugging sangat penting.
Anda masih dapat menjalankan program atau aplikasi yang Anda buat nanti dengan cara yang aman, terlindung dari serangan yang berpotensi membahayakan.

4. Menambah Pengalaman
Memiliki pengalaman yang terus meningkat adalah contoh orang yang ingin menjadi programmer yang hebat. Dengan lebih banyak pengalaman, akan lebih mudah bagi Anda untuk mencari pekerjaan di perusahaan besar.
Banyaknya pengalaman berarti sudah banyak melakukan latihan dan praktek di bidang programming. Jadi ketika anda memasuki dunia kerja anda tidak lagi bingung karena anda sudah berpengalaman di bidang ini dan telah belajar banyak hal dan kendala yang terjadi saat membuat program.

5. Mulai Pemrograman
Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan Anda adalah dengan berlatih sebanyak mungkin. Untuk alasan yang sama yang menurut kami pengetahuan teoretis tidak cukup tanpa praktik pemrograman langsung.
Saat mencari pekerjaan, bahkan proses pembuatan program ini bisa dijadikan sebagai item portofolio tambahan. Programmer yang menginginkan pekerjaan sampingan di bidang pemrograman dapat menggunakan program mereka sendiri sebagai nilai jual dalam memperoleh klien.

By mirfan