Review Toyota Land Cruiser

Toyota Land Cruiser menawarkan kemewahan dan ketangguhan truk pikap dari medan terjal hingga off-road. Daya tariknya bahkan sudah dikenal turun-temurun di Indonesia.

Mereka adalah Toyota Land Cruiser 200 STD SPEC A/T Diesel yang dibanderol dengan harga 2,1 miliar rupiah, dan Toyota Land Cruise Full SPEC A/T yang dibanderol dengan harga 2,5 miliar rupiah.

Land Cruiser, SUV besar generasi terbaru, diluncurkan di Indonesia pada 17 April 2012. Bodi besar yang kokoh dan mewah memberikan kesan sebagai SUV kategori J Segment yang sangat menarik. Hanya satu model mesin yang menjadi inti dari dua varian yang ada di pasaran, yaitu 1UR-FE 4.6T V8 dengan teknologi common rail, yang membuat mesin terasa lebih bertenaga.

Land Cruiser dikenal ketangguhannya di medan terjal, namun sejak 1990-an, Lexus LX juga meluncurkan model mewah.

Sejak tahun 1980-an, secara umum ada dua jenis Toyota Land Cruiser yang berbeda: model gerobak besar dan model pekerja kecil yang disebut Land Cruiser II, yang dikenal sebagai Prado di Jepang.

Prado kemudian menjadi basis Lexus GX. Pada saat yang sama, dibandingkan dengan Land Cruiser Prado dan seri 70, gerobak Land Cruiser, yang merupakan basis dari Lexus LX, adalah jenis land cruiser yang paling umum dan akrab.

Sejarah Toyota Land Cruise

Land Cruiser dengan nama besar sendiri diciptakan saat generasi pertama diluncurkan pada tahun 1951. Ketika land cruiser FJ40 generasi ketiga keluar pada 1960-an, ia menjadi lebih terkenal. Mobil bekasnya masih sangat populer hingga saat ini.

Bilah masing-masing siput terbuat dari paduan suspensi berbentuk bulat, dan tersedia 3 pilihan mesin, yaitu 3F-E (bensin), 1HD-T (diesel) dan 1HZ.

Pada generasi kedelapan dengan kode nama J100, Toyota mengubah tampilan dan preferensi Land Cruiser menjadi SUV premium yang nyaman di kedua “dunia”; sulit di jalan off-road, tetapi tetap menyenangkan untuk dikendarai di kota. jalan.

Terakhir, Land Cruiser saat ini merupakan generasi kesembilan, dengan kode J200. Versi facelift diluncurkan pada 2016.

Banyak dari para pemilik mobil Toyota Land Cruiser membelikan asuransi mobil untuk menjaga dan menjamin mobil miliknya agar aman jika terjadi sesuatu yang tidak diduga.

Eksterior

Jika tidak memberikan tampilan chic dan maskulin sebagai satu-satunya SUV premium Toyota di Indonesia, maka itu bukanlah Land Cruiser. Desain eksteriornya tidak terlalu banyak aksen, garis bodinya tegas, terlihat tumpul dan agak persegi.

Panel depan mengadopsi tiga baris kisi-kisi tebal dan dekorasi berlapis krom, memberikan tampilan maskulin.

Karena dijual untuk berkendara di medan off-road dan jalan kasar, bagian depan kokoh dan bumper bawah kokoh. Tambahkan pelat selip untuk melindungi panel depan saat menghadapi medan kasar.

Beralih ke samping, mengingat ground clearance yang cukup tinggi, Toyota Land Cruiser dibekali pedal, yakni 226 mm. Selain itu, selain roof rail, tidak ada aksen unit di bagian samping, sehingga memberikan rasa gerak dan menambah kepraktisan bagi mereka yang ingin membawa barang di atas atap.

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, tampilan belakang tidak banyak berubah. Bagian atas dilengkapi dengan spoiler belakang, dan lampu ekor yang besar memudahkan pengendaraan di malam hari.

Ada strip berlapis krom di tengah pintu bagasi, dengan nama Land Cruiser terukir di atasnya sebagai hiasan. Guna memudahkan pembukaan pintu bagasi, Land Cruiser dilengkapi dengan pintu belakang elektrik yang terbuka secara otomatis.

Interior

Dominasi warna hitam langsung terlihat pada interior Toyota Land Cruiser 2020. Kabin dan kursi memberikan warna yang serasi. Kedap udara kabin bisa dikatakan sangat baik, dan Anda bisa dengan jelas merasakan kemewahan duduk di dalam mobil.

Dasbor Land Cruiser sangat sederhana, dengan layar sentuh 9 inci terintegrasi.

Kabin Land Cruiser dapat menampung hingga 8 orang dengan nyaman, termasuk pengemudi.

Roda kemudi memiliki pengaturan tilt dan telescopic, yang akan memudahkan pengemudi mendapatkan posisi paling nyaman saat berkendara. Roda kemudi palang empat Toyota Land Cruiser dilengkapi dengan tombol multi fungsi untuk mengakses beberapa fungsi di dalam mobil.

Untuk mobil yang sering dibawa-bawa, mengingat Toyota telah menyematkan sistem penyetelan 10 arah dengan fungsi memori di kursi pengemudi, kenyamanannya sangat baik. Ada pemanas di barisan depan, sementara penumpang di barisan belakang menikmati kontrol iklim otomatis 4 zona.

Bagasinya tidak bisa dikatakan luas. Namun, masih bisa menampung barang bawaan saat bepergian jarak jauh.

Fitur

Untuk mobil kelas atas, sistem keselamatan yang terpasang pada Toyota Land Cruiser ini tentu saja merupakan yang terbaik dari pabrikan Jepang tersebut.

Mobil menggunakan platform yang sama dengan Lexus dan dilengkapi dengan berbagai sistem keselamatan aktif seperti sistem pengereman anti-lock braking system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), dan brake assist system (BA).

Sistem bantuan pengemudi yang dapat ditemukan antara lain Blind Sport Monitor (BSM) dan Reat Traffic Alert (RCTA).