Planet Berdasarkan Komposisinya

Planet Berdasarkan Komposisinya

Planet Berdasarkan Komposisinya

Berdasarkan komposisinya, planet-planet di tata surya dibagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut:

Daratan

Beberapa planet terestrial memiliki permukaan yang tertutup batu: Venus, Merkurius, Bumi, dan Mars. Dengan massa 0,055 kali massa planet Bumi, Merkurius merupakan planet dengan massa daratan terkecil (dan juga planet terkecil) di tata surya, sedangkan planet Bumi adalah planet dengan massa daratan terbesar.

 

Raksasa Gas (Jovian)

Beberapa planet terbentuk dari bahan gas dan lebih besar dari Bumi: Jupiter, Saturnus, Neputun dan Uranus. Planet Jupiter memiliki massa 318 kali massa planet Bumi dan merupakan planet terbesar di tata surya, sedangkan planet Saturnus hanya 1/3 dengan ukuran 95 kali massa planet Bumi.

 

Raksasa Es

Raksasa es terdiri dari dua planet, yaitu: planet Uranus dan planet Neptunus, yang merupakan subkelas raksasa es yang berbeda dari raksasa gas karena memiliki massa yang lebih rendah dan mengandung lebih sedikit helium dan hidrogen di atmosfer, sedangkan perbandingan batuannya adalah lebih tinggi dan es.

 

Planet Katai

Sebelum keputusan Agustus 2006, objek tersebut diusulkan oleh para astronom sebagai planet. Namun, pada tahun 2006, objek tersebut dikelompokkan kembali menjadi planet katai yang berbeda dari planet lain. Saat ini ada 5 planet katai di tata surya yang diakui oleh IAU, bersama dengan lima planet: Haumea, Ceres, Eris, Makemake, dan Pluto. Objek lain di sabuk asteroid dan sabuk Kuiper sedang dipertimbangkan, 50 di antaranya kemungkinan akan dikenali sebagai planet kerdil. Ada hingga 200 objek yang dapat ditemukan setelah seluruh sabuk Kuiper telah dijelajahi.

Planet katai memiliki kesamaan lain dengan planet lain, namun ada juga perbedaannya, salah satunya adalah planet kerdil tidak dominan dalam orbitnya. Menurut definisi, semua planet katai adalah anggota dari populasi yang lebih besar. Ceres adalah objek terbesar di sabuk asteroid, sedangkan Pluto, Makemake dan Haumea adalah anggota sabuk Kuiper dan Eris adalah bagian dari distributor. Para peneliti memperkirakan bahwa lebih dari seratus objek Trans-Neptunus dapat diklasifikasikan sebagai planet kerdil menurut definisi IAU. Sumber Rangkuman Terlengkap : SeputarPengetahuan.Co.Id