Pinjaman online resmi ojk memungkinkan Anda menyelesaikan seluruh proses peminjaman, mulai dari prakualifikasi hingga pendanaan pinjaman, tanpa pernah menginjakkan kaki di dalam cabang bank. Mereka dapat menjadi cara yang nyaman untuk meminjam uang, dan pemberi pinjaman online saja dapat menawarkan tarif yang lebih rendah atau memiliki persyaratan yang kurang ketat daripada yang dapat Anda temukan dengan pemberi pinjaman offline.

Apa Itu Pinjaman Online?
Pinjaman online dapat berasal dari pemberi pinjaman online saja atau departemen online pemberi pinjaman yang lebih tradisional. Seringkali, ini adalah pinjaman pribadi tanpa jaminan, tetapi Anda juga bisa mendapatkan jenis pinjaman online lainnya.Seperti pemberi pinjaman yang lebih tradisional, setiap perusahaan pinjaman online memiliki kelayakan minimum dan persyaratan kreditnya sendiri.

Anda biasanya dapat memeriksa untuk melihat apakah Anda memenuhi syarat untuk pinjaman dengan pertanyaan kredit lunak yang tidak mempengaruhi nilai kredit Anda.Namun, Anda mungkin perlu menyetujui permintaan kredit yang sulit, yang mungkin sedikit merugikan skor Anda, untuk menyelesaikan aplikasi.

Anda juga harus mengunggah dokumen verifikasi, seperti salinan tanda pengenal yang dikeluarkan pemerintah untuk membuktikan identitas Anda dan potongan pembayaran atau pengembalian pajak untuk membuktikan penghasilan Anda. Jika Anda menerima tawaran pinjaman, Anda dapat menyetorkan uang langsung ke rekening bank Anda.

Apa Perbedaan Pinjaman Online dan Pinjaman Offline?
-Tidak Ada Kontak Langsung
Perbedaan yang paling jelas adalah bahwa tidak ada cara untuk berinteraksi dengan perwakilan layanan pelanggan atau bankir secara langsung ketika Anda bekerja dengan pemberi pinjaman online resmi ojk saja. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah, Anda harus mengatasinya secara online atau melalui telepon. Ini mungkin hal yang baik atau buruk tergantung pada tingkat kenyamanan Anda berurusan dengan keuangan online dan apakah Anda tinggal dekat dengan cabang bank.

-Aplikasi dan ulasan cepat
Pemberi pinjaman khusus online dapat memfokuskan sumber daya mereka untuk membuat sistem sederhana dan otomatis yang dapat membantu merampingkan proses aplikasi dan peninjauan. Dan pemberi pinjaman mungkin dapat menggunakan program untuk memverifikasi semuanya dengan cepat tanpa harus melibatkan orang.

-Pinjaman Bertarget
Banyak pemberi pinjaman online hanya menawarkan satu atau dua produk pinjaman, dan mereka menciptakannya dengan mempertimbangkan jenis peminjam tertentu. Anda mungkin dapat menemukan pemberi pinjaman online yang mengkhususkan diri pada orang-orang yang memiliki kredit yang buruk dan lain yang mengkhususkan diri dalam pinjaman kepada mereka yang memiliki kredit yang sangat baik.

-Penghematan Potensial
Karena pemberi pinjaman online saja tidak perlu membangun, memelihara, atau mengelola cabang, mereka mungkin dapat menawarkan tingkat pinjaman yang lebih rendah. Namun, ini tidak sepenuhnya benar, dan Anda sebaiknya memeriksa tarif dari pemberi pinjaman online dan tradisional sebelum mendaftar.

-Lebih Sedikit Cross-Selling
Salah satu alasan pemberi pinjaman tradisional mungkin menawarkan pinjaman dengan suku bunga rendah adalah karena mereka dapat menghasilkan uang dengan menjual produk atau layanan lain kepada Anda nanti, seperti rekening bank atau pinjaman mobil. Saat Anda bekerja dengan pemberi pinjaman online saja, Anda mungkin tidak harus berurusan dengan banyak tawaran untuk mendaftar ke produk lain.

Kesimpulan
Baik Anda ingin bekerja dengan pemberi pinjaman online resmi ojk saja atau pemberi pinjaman tradisional, Anda dapat mencari persyaratan minimum, penawaran pinjaman, rentang suku bunga, dan persyaratan pembayaran potensial untuk menentukan pemberi pinjaman mana yang cocok.Dan fitur inilah yang membuat orang mengincar pinjaman online.

By Drajad