Teknologi

Pengolahan Kelapa Sawit

Summary

Pengolahan kelapa sawit wajib diperhatikan oleh masyarakat yang memutuskan untuk mendirikan usaha kelapa sawit. Hal tersebut disebabkan oleh sifat pengolahan ini menjadi tombak dalam keberhasilan sebuah usaha kelapa sawit. Untuk itu, berikut ini akan dijelaskan cara mengolah kelapa sawit. Karakteristik […]

Pengolahan kelapa sawit wajib diperhatikan oleh masyarakat yang memutuskan untuk mendirikan usaha kelapa sawit. Hal tersebut disebabkan oleh sifat pengolahan ini menjadi tombak dalam keberhasilan sebuah usaha kelapa sawit. Untuk itu, berikut ini akan dijelaskan cara mengolah kelapa sawit.

Karakteristik Kelapa Sawit

Karakteristik tersebut wajib dipelajari agar sistem pengolahannya tidak terkendala dan terarah secara tepat. Berikut ini adalah karakteristik kelapa sawit:

  1. Kelapa sawit memiliki akar yang berfungsi sebagai penyerap unsur hara dan organ respirasi. Ukuran dari akar kelapa sawit dewasa bisa mencapai 15 – 20 meter.
  2. Batang kelapa sawit memiliki fungsi sebagai jangkar pohonnya dan jalan unsur hara maupun air masuk ke dalam organ inti tanaman ini. Batang kelapa sawit tidak memiliki kambium dan tidak memiliki cabang.
  3. Umurnya pertumbuhan kelapa sawit ini hanya mencapai umur 25 tahun yaitu pada ketinggian 11 meter.

Cara Mengelola Kelapa Sawit

Pengolahan kelapa sawit dapat dilakukan dengan berbagai cara. Namun, cara berikut ini sangat mudah dilakukan bahkan bagi pemula. Berikut ini adalah cara mengelola kelapa sawit yang dapat anda lakukan:

  1. Melakukan pengumpulan kelapa sawit yang telah matang
  2. Merebus kelapa sawit selama 90 menit.
  3. Melakukan rontokan buah kelapa sawit tersebut. Adapun cara melakukan perontokan dengan cara dibuang tangkainya dan dibanting. Setelah itu dimasukkan ke mesin Thersher agar buah kelapa sawitnya bisa dilepas dari cangkangnya.
  4. Memeras daging buah dari kelapa sawit
  5. Menyaring minyak kasar dengan cara memisahkan ampas dan minyak
  6. Memisahkan minyak dengan air yang disesuaikan dengan kadar minyak dari kelapa sawit.
  7. Memurnikan minyak kelapa sawit tersebut dengan cara dimasukkan ke dalam pengemasan.

Untuk memahami tentang pengolahan kelapa sawit secara lengkap dapat anda cek di situs http://www.alwepo.com/

Pengolahan kelapa sawit dilakukan dengan cara memahami setiap karakteristik dan juga cara mengelola kelapa sawit yang dijelaskan melalui informasi di atas. Dengan begitu, maka usaha kelapa sawit anda dapat berjalan efektif.