Pengertian Reviewer dan Reviewer | Pengertian resensi adalah artikel yang memuat resensi suatu karya, baik berupa buku, film, maupun album.

Resensi biasanya diartikan sebagai pendalaman pengertian resensi, dan menurut para ahli, resensi adalah artikel yang berisi evaluasi terhadap sebuah buku atau karya seni.

Ulasan ditulis untuk memperkenalkan buku atau karya seni kepada publik dan membantu mereka memahami dan bahkan memilihnya.

Baca juga : Jurnal Sinta 2

Elemen resensi meliputi identitas buku, ikhtisar buku, kepengarangan, kekuatan dan kelemahan.

Tinjau elemen

Untuk memahami pengertian unsur resensi, mari simak pembahasan di bawah ini.

  1. Identitas Buku

Identitas buku meliputi judul, nama pengarang, nama dan alamat penerbit, nomor edisi, ketebalan. Identifikasi buku juga dapat mencakup ilustrasi ukuran, warna, dan volume buku. Namun, ketika menulis ulasan, jarang disebutkan

  1. Ikhtisar Buku

Ikhtisar buku disusun menurut pokok-pokok isi buku. Namun, karena buku yang Anda ulas adalah novel, metode untuk menentukan intinya berbeda dengan buku nonfiksi. Pokok dari sebuah novel dapat ditentukan dari segi situasi atau peristiwa penting.

  1. Kepengarangan

Resensi novel seringkali menceritakan tentang karakter pengarangnya. Hal ini terutama terkait dengan latar belakang, keahlian, sikap dan pekerjaannya.

Bagian-bagian ini dijelaskan secara singkat, umumnya tidak lebih dari satu paragraf. Gambar pengarang umumnya dicantumkan di halaman pertama atau di belakang novel.

Dari sana Anda dapat berbicara tentang elemen kepenulisan. Untuk penulis terkenal, Anda dapat membacanya dari sumber lain. Anda juga bisa mendapatkan informasi lebih lengkap dari Internet

  1. Kekuatan dan Kelemahan

Kekuatan dan kelemahan dalam resensi mungkin berhubungan dengan unsur-unsur novel. Untuk faktor-faktor tersebut, Anda memberikan penilaian berdasarkan kesederhanaan, kejelasan keunikan, penguasaan masalah, dan aspek penentuan nasib sendiri lainnya.

Beberapa artikel tentang definisi resensi dan elemen resensi mungkin berguna