Kali ini kita akan membahas tentang Perbedaan Data Modeling dan ERD (Entity Relationship Diagram)

Data Modeling

Data Modeling adalah teknik untuk mendokumentasikan sistem perangkat lunak menggunakan diagram dan simbol. Digunakan untuk merepresentasikan komunikasi data.

Tingkat abstraksi tertinggi untuk model data disebut Entity Relationship Diagram (ERD). Ini adalah representasi grafis dari kebutuhan data untuk database.

Entity Relationship Diagram

Nilai utama dari membangun ERD dengan hati-hati adalah dapat dengan mudah diubah menjadi struktur database. Kita telah menggabungkan mengenai di contoh ERD.

Ada tiga komponen dalam ERD.

  • Entitas: Jumlah tabel yang Anda butuhkan untuk database Anda.
  • Atribut: Informasi seperti properti, fakta yang Anda butuhkan untuk menggambarkan setiap tabel.
  • Relationship: Bagaimana tabel dihubungkan bersama.

Entitas

Entitas adalah objek dasar ERD. Ini adalah tabel database Anda. Entitas adalah kata benda dan jenisnya biasanya jatuh ke dalam lima kelas: konsep, lokasi, peran, peristiwa atau hal.

  • Contoh: mahasiswa, mata kuliah, buku, kampus, karyawan, pembayaran, proyek.

Contoh spesifik dari suatu entitas disebut instance. Setiap instance menjadi record atau baris dalam sebuah tabel.

  • Misalnya: siswa John Smith adalah catatan dalam tabel yang disebut siswa.

Relationship

Relationship adalah hubungan antar entitas. Kata kerja sering menggambarkan hubungan antar entitas. Kami akan menggunakan Simbol Crow’s Foot untuk mewakili Relationship.

Atribut

Atribut adalah fakta atau deskripsi entitas. Mereka juga sering menjadi kata benda dan menjadi kolom tabel. Misalnya, untuk entitas mahasiswa, atributnya bisa berupa nama depan, nama belakang, email, alamat, dan nomor telepon.

Primary Key

Primary Key* atau identifier adalah sebuah atribut atau sekumpulan atribut yang secara unik mengidentifikasi sebuah instance dari entitas. Misalnya, untuk entitas siswa, nomor siswa adalah kunci utama karena tidak ada dua siswa yang memiliki nomor siswa yang sama. Kita hanya dapat memiliki satu kunci utama dalam sebuah tabel. Ini mengidentifikasi secara unik setiap baris dan tidak boleh nol.

Foreign key

Foreign key+ (kadang-kadang disebut kunci referensi) adalah kunci yang digunakan untuk menghubungkan dua tabel bersama-sama. Biasanya Anda mengambil bidang kunci utama dari satu tabel dan memasukkannya ke tabel lain di mana ia menjadi kunci asing (tetap menjadi kunci utama dalam tabel asli). Kita dapat memiliki lebih dari satu kunci asing dalam sebuah tabel.

By arief