Pengertian, Contoh Dan Fungsi Dari Database

Basis data adalah istilah untuk teknologi jaringan komputer, dan memiliki banyak keunggulan dalam bentuk penyimpanan data.

Bidang teknis juga memiliki fungsi dan jenis database. Untuk kejelasan, Anda dapat menggulir ke bawah halaman ini dan membaca artikel sampai akhir.

Pengertian

Basis data atau database adalah kumpulan data yang dikelola menurut kondisi tertentu yang saling berkaitan satu sama lain dan mudah untuk dikelola. Melalui pengelolaan ini, pengguna dapat dengan mudah menemukan, menyimpan, dan mengolah informasi.

Pengertian lain dari database adalah suatu sistem sebagai kumpulan file, tabel atau arsip, yang dihubungkan dan disimpan dalam berbagai media elektronik.

Jenis dan Fungsi

Ada 5 jenis database yang berjalan di peralatan kami. Dalam 5 macam database tersebut terdapat 15 macam produk dengan fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini adalah jenis-jenis database dan fungsinya.

Operational Database

Tipe ini memungkinkan pengguna untuk mengeksekusi, melihat dan memodifikasi data.

JSON

JSON (JavaScript Object Notation) adalah format file yang menggunakan teks untuk transmisi data. Format ini sangat sering digunakan oleh pengguna untuk bertukar data, seperti komunikasi cepat melalui browser Web dan server Web.

Format JSON sendiri berasal dari pemrograman JavaScript. Melalui pembuatannya, JSON memiliki format bahasa yang berbeda dengan format lainnya. Harap dicatat bahwa semua file JSON selalu menggunakan ekstensi khusus “.json”.

XML

XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa pemrograman markup yang aturannya menyediakan dua kode dokumen yang berbeda, yang dapat dibaca oleh manusia atau komputer. Selain itu, pengguna dapat menyinkronkan data secara real time.

Bahasa pemrograman ini sangat cocok untuk menangani database pada web browser dan web server. Struktur yang digunakan XML diyakini memiliki banyak kesamaan dengan format JSON.

Database Warehouse

Sebuah gudang database adalah gudang pusat data terpadu dari satu atau lebih sumber yang berbeda. Basis data juga menyimpan data terkini dan historis di lokasi untuk menghasilkan laporan analisis.

Data yang disimpan di gudang awalnya diunggah dari sistem operasi. Data dapat melewati penyimpanan operasional dan memungkinkan pembersihan data. Proses ini menjadi operasi tambahan untuk memastikan kualitas data sebelum digunakan untuk pelaporan gudang.

Microsoft SQL Server

Microsoft SQL Server adalah sistem database yang dibangun oleh Microsoft. Hal ini memungkinkan untuk berjalan di komputer yang sama atau komputer lain di jaringan Internet.

Setidaknya Microsoft telah menjual 12 versi berbeda dari sistem Microsoft SQL Server. Hal ini bertujuan untuk memberikan pilihan bagi pengguna dan kebutuhan yang berbeda.

Distributed Database

Database terdistribusi adalah database di mana perangkat penyimpanan tidak diinstal pada perangkat komputer yang sama. Basis data disimpan pada beberapa perangkat komputer yang terletak di lokasi yang sama atau didistribusikan pada jaringan komputer lain yang saling terhubung.

Sistem ini berbeda dengan sistem paralel yang terintegrasi erat dan memiliki sistem data tunggal. Sistem didistribusikan di situs pengikatan dan tidak memiliki komponen fisik.

Karena sistem yang unik seperti itu, database terdistribusi dapat meningkatkan kinerja pengguna akhir dengan memungkinkan beberapa mesin memproses transaksi alih-alih berfokus pada satu mesin.

Microsoft Access (Office)

Microsoft Access adalah sistem DBMS yang menggabungkan mesin database Microsoft Jet dan alat pengembangan perangkat lunak. Microsoft Access menyimpan data dalam formatnya sendiri. Melalui perangkat lunak ini, pengguna dapat langsung mengimpor atau menautkan ke data yang tersimpan di database lain.

Relational Database

Database relasional atau database relasional adalah database yang disusun berdasarkan model relasional data. Banyak perangkat lunak menggunakan sistem ini untuk mengelola dan memelihara database melalui hubungan setiap data.

MySQL

MySQL adalah sistem untuk manajemen basis data relasional. Banyak produk IT yang dibuat menggunakan komponen utama MySQL. Banyak aplikasi seperti WordPress, Google, Flickr, Youtube, Facebook, Joomla, phpBB, Drupal dan MODx menggunakan sistem ini untuk manajemen basis data relasional.

PostgreSQL

Sistem kedua adalah sistem manajemen database relasional PostgreSQL. Sistem ini digunakan untuk menyimpan data dengan aman, dan dapat mengembalikan data sebagai tanggapan atas permintaan dari aplikasi lain. PostgreSQL dapat berkisar dari aplikasi kecil yang berdiri sendiri hingga aplikasi Internet besar dengan banyak pengguna secara bersamaan. Sistem ini biasanya digunakan untuk sistem operasi server Mac OS karena pengaturan ini tersedia secara default. Sistem operasi lain seperti Windows dan Linux juga dapat ditemukan dengan mengubah pengaturan.

MariaDB

MariaDB adalah sistem yang dikembangkan dari MySQL. Pengembangan ini bertujuan untuk menjaga kompatibilitas MySQL yang tinggi dan kompatibilitas dengan MySQL API dan perintah-perintahnya. MariaDB memiliki mesin penyimpanan XtraDB untuk menggantikan InnoDB.

Sistem ini dikembangkan oleh beberapa pengembang MySQL asli langsung dengan fork. Tujuannya bukan untuk diakuisisi oleh saingan Oracle.

Sumber : https://majapahit.id/