Uncategorized

Pengertian Atletik Menurut Para Ahli

Summary

Pengertian atletik – Atletik ialah cabang olahraga yang terbagi dalam kombinasi beberapa macam olahraga fisik, seperti olahraga lari, lempar, lompat, dan jalan. Sekarang ini, atletik jadi satu antara olahraga umum dimainkan di beberapa seluruh dunia. Yup, atletik sudah jadi olahraga […]

olahraga atletik
olahraga atletik

Pengertian atletik – Atletik ialah cabang olahraga yang terbagi dalam kombinasi beberapa macam olahraga fisik, seperti olahraga lari, lempar, lompat, dan jalan. Sekarang ini, atletik jadi satu antara olahraga umum dimainkan di beberapa seluruh dunia.

Yup, atletik sudah jadi olahraga bertaraf internasional, bahkan juga nyaris tiap negara di dunia sering ikut turut serta dalam perlombaan cabang olaharaga itu, terhitung Indonesia.

Atletik erasal dari bahasa Yunani, yaitu Athlon yang maknanya berlomba-lomba atau berlaga. Atletik mempunyai istilah lain yang dari beberapa bahasa, diantaranya athletics (bahasa Inggris), Athletiek (bahasa Belanda), Athletuque (bahasa Perancis), dan Ahtletik (bahasa Jerman).

Di lain sisi, atletik dipandang seperti olahraga yang simpel karena tidak memerlukan banyak peralatan dan perlengkapan yang sulit. Atletik pun tidak memerlukan banyak ongkos bila ingin menekuninya.

Atletik berguna untuk tingkatkan kemampuan, ketahanan, kecepatan, kelenturan, koordinir, dan kekuatan biomotorik yang lain.

Nach, untuk kamu yang ingin memperdalam olahraga atletik dapat pelajari salah satunya cabang olahraganya. Ada banyak tipe cabang olahraga atletik. Apa sajakah?

Berikut ringkasan mengenai pengertian atletik menurut para ahli seperti yang sudah dirangkum girlsintechla.org untuk Anda.

Pengertian Atletik Menurut Para Ali

olahraga atletik

Saat sebelum mengulas beberapa jenis olahraga atletik, harus tahu pengertiannya dari beberapa pakar. Berikut pemahaman atletik menurut pakar:

Menurut Muhajir

Atletik ialah tipe olahraga yang tumbuh dan bisa mengalami perkembangan bertepatan dengan aktivitas alami manusia, seperti lari, melonjak, jalan, dan melemparkan.

Menurut Ballesteros

Atletik sebuah kegiatan jasmani yang terbagi dalam beberapa nomor lomba yang terpisah yang berdasar kekuatan gerak dasar manusia, misalnya lari, jalan, melemparkan, dan melonjak.

Menurut Sukirno

Atletik ialah induk dari semua cabang olahraga (Mother Of Sport) dan sebagai olahraga yang paling tua dari yang lain.

Menurut Eddy Purnomo

Atletik sebagai aktivitas atau melakukan aktivitas jasmani yang terbagi dalam beragam pergerakan yang dasar yang aktif dan serasi, yakni ialah lari, jalan, lempar, dan lompat.

Menurut Mochammad Djumidar A. Widya

Atletik ialah satu antara elemen pengajaran jasmani dan kesehatan. Atletik sebagai elemen pengajaran keseluruhnya yang memprioritaskan kegiatan jasmani dan ada pembimbingan hidup sehat dan peningkatan jasmani, psikis, sosial, dan emosional yang sesuai, cocok, dan imbang.

Menurut Eri Periatama

Atletik ialah olahraga yang mayoritas aktivitasnya dilaksanakan di pelintasan dan lapangan (trek and field sport).

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai pengertian atletik menurut para ahli.