Pahami Tipe Burung Pleci Yang Berkualitas

Dapat disebut, burung Pleci jadi bintang di kelompok beberapa penggemar kicau mania atau burung. Masalahnya tipe burung ini mempunyai kekuatan berbentuk suara kicauan yang paling keras dan merdu.

Tidak sangsi bila beberapa pencinta burung menyimpan perhatian ada burung yang dari genus Zosterops ini. Lalu apa saja tipe yang terbaik untuk kontes? Baca pembahasannya.

Tipe Burung Zosterops Terbaik Untuk Diperlombakan


Pleci Dakun Maput

Pleci Dakun Maput sebagai salah satunya tipe Zosterops yang dianugerahkan kicauan yang sangat merdu dan keras. Tidak cuma hanya itu, burung satu ini juga mempunyai kelebihan sendiri dalam soal psikis tarungnya.

Antiknya kembali, nama dari burung ini sebagai ringkasan dari “Dada Kuning Mata Putih “.Ini tidak lain karena tipe Pleci ini mempunyai dada warna mata putih dan kuning.

Disamping itu, pada punggungnya sendiri warna kuning cukup kehijauan, irislah mata warna putih cukup mencolok, dan ujung ekor dan sayapnya yang warna lebih gelap.

https://pleci.id Menjadi satu diantara burung epidemik nusantara, jadi tidaklah aneh jika burung Pleci dapat ditemui secara mudah di wilayah Kudus, Jawa Tengah. Karena suara ciri khas yang bening, membuat Pleci Dakun Maput dicari oleh beberapa kicau mania.

suara-burung-pleci

Pleci Dakun Macok

Sama seperti dengan Pleci Dakun Maput, nama dari burung satu ini juga sebagai ringkasan dari “Dada Kuning Mata Coklat “.Bahkan juga Pleci satu ini juga terbanyak diperbudidayakan oleh beberapa pencintanya,

karena perawatan yang cukup mudah. Tidak cuman hanya itu, Pleci Dakun Macok juga dibandrol pada harga yang dapat dijangkau dibanding dengan tipe lainnya.

Burung Zosterops ini mempunyai ciri-ciri fisik yang dikuasai warna kuning. Tetapi di bagian irislah matanya warna cokelat dengan lingkaran putih di luar mata.

Sementara paruhnya warna hitam dan ada bulu-bulu hitam yang ada di sekitaran pangkal paruhnya. Karena komunitasnya asli Indonesia, hingga Pleci Dakun Macok itu hampir di segala penjuru Pulau Jawa.

Pleci Kacamata Enggano

Tipe burung Pleci terbaik seterusnya yakni Kacamata Enggano. Beda hal dengan Pleci awalnya yang dapat dijumpai di Pulau Jawa, burung satu ini cuman dapat ditemui di wilayah sekitaran Pulau Sumatera.

Hal luar biasa yang dipunyai Pleci Kacamata Enggano, yaitu suara kicauan yang mendayu-dayu dayu. Karena kicauannya berikut, banyak kicau mania jatuh hati padanya.

Antiknya kembali, Pleci Kacamata Enggano juga mempunyai wujud badan yang berbeda jauh dibanding tipe lainnya. Di mana di bagian atas badannya yakni sayap sampai ekor warna kuning gelap kehijauan, dada warna abu abu gelap, irislah dan paruhnya warna hitam, kaki warna keabu abuan, dan ada semburat hitam di atas kepalanya.

Pleci Auriventer

Berbeda jauh dengan Pleci awalnya, Pleci Auriventer sebagai burung Zosterops yang dapat ditemui di beberapa tempat, dimulai dari daerah pesisir pantai timur Sumatera, Pulau Bangka, Natuna, Kepulauan Riau, sampai Kalimantan.

Tidak cuman hanya itu, kadang Pleci tipe ini juga bisa dijumpai di negara Myanmar, Singapura, Malaysia, sampai sisi pantai barat Thailand.
Burung dengan suara kicauan yang merdu ini mempunyai beberapa keunikan pada badannya yang paling menonjol.

Salah satunya, paruh warna hitam, kaki warna keabu abuan, ada lingkaran putih di sekitar mata, irislah mata warna cokelat seperti burung Pleci Dakun Macok, anggota badan bawah warna abu abu pucat, dan sisi atasnya warna kekuning kuningan.

Karena kelebihannya dalam berkicau, tidaklah aneh jika beberapa kicau mania atau pencinta burung seringkali membidik kehadiran burung Zosterops ini. Apa lagi jika dilatih dengan rajin,

tentunya dia akan memenangi kejuaraan di semua gelaran perlombaan. Tetapi sayang, ada banyak tipe Pleci yang sekarang makin turun dan jarang-jarang sekali diketemukan di komunitas aslinya karena kerusakan alam.