Uncategorized

Mulai Bisnis Tanpa Modal? Bisa Kok!

Summary

Sekarang, dibutuhkan lebih banyak uang untuk hidup layak. Meningkatnya biaya hidup seperti BBM, beras, listrik, bahan makanan, dll membuat gaji bekerja tidak mencukupi. Makanya, banyak orang yang berpikir untuk memulai bisnis yang bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar atau sekedar […]

Sekarang, dibutuhkan lebih banyak uang untuk hidup layak. Meningkatnya biaya hidup seperti BBM, beras, listrik, bahan makanan, dll membuat gaji bekerja tidak mencukupi. Makanya, banyak orang yang berpikir untuk memulai bisnis yang bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar atau sekedar untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Namun kendala yang paling umum adalah kurangnya modal. Kebanyakan orang berpikir bahwa untuk memulai bisnis agar sukses, Anda membutuhkan modal yang terus berkembang. Pemikiran ini tidak salah, tapi juga tidak benar. Kini Anda bisa memulai bisnis nyata tanpa perlu modal.

Baca juga artikel tentang digital marketing pada situs bakti, Anda bisa klik pada tautan tersebut.

Untuk memulai bisnis, satu hal yang penting adalah ide tentang apa yang akan Anda lakukan. Cobalah untuk mulai mengumpulkan ide bisnis berdasarkan keahlian atau hobi Anda. Karena kecuali Anda lebih suka melakukannya, umumnya memulai bisnis berdasarkan dua hal ini tidak membutuhkan modal.

Ada banyak hal yang bisa dijadikan ide untuk memulai bisnis, untuk membantu Anda berpikir, kami akan memberikan beberapa ide bisnis yang bisa dimulai tanpa modal.

1. Penulis Lepas

Banyak orang yang punya ketrampilan menulis, dan kalau punya, mantap bisa dijadikan peluang untuk memulai usaha. Saat ini, ada beberapa perusahaan yang membutuhkan penulis lepas untuk menulis artikel di website mereka. Selain itu tugas ini juga sangat mudah, karena tidak harus datang ke kantor, bisa dilakukan dimana saja sehingga memungkinkan untuk mengerjakan tugas lainnya.

Meski terkesan sepele, jangan remehkan penghasilan yang bisa Anda peroleh. Dengan menjalankan bisnis ini, Anda bisa menghasilkan jutaan rupiah. Misalnya, untuk satu artikel Anda mendapat 10.000 rupiah. Jika Anda hanya bisa menulis 5 artikel per hari, maka dalam 1 bulan Anda akan mendapatkan 1,5 juta rupiah. Tentunya tugas ini akan menyenangkan bagi Anda yang senang dan ahli dalam menulis.

2. Dropshipper / Reseller

Kedua istilah tersebut harus dipahami bagi anda yang sering berbelanja di dunia online. Intinya, dropshipper atau jualan produk dijual ke orang lain. Keuntungan memulai bisnis sebagai dropshipper atau reseller adalah Anda tidak perlu mengeluarkan biaya produksi dan menyimpan barang. Tugas Anda adalah mengirim pesan ke pembeli ke pabrik.

Kunci sukses Anda dalam bisnis ini adalah menemukan produsen yang tepat, dengan pemahaman bahwa produknya berkualitas, dan menemukan banyak pembeli serta memberikan pelayanan terbaik agar Anda bisa menjadi pembeli setia. Penghasilan sebagai pengecer bisa sangat besar, tergantung pada apa yang Anda jual dan seberapa banyak Anda menjual. Jadi, jika Anda ingin menjual barang, Anda bisa mulai memikirkan ide ini.

3. Bisnis di Bidang Jasa/Pelayanan

Memulai bisnis tidak membutuhkan modal jika Anda terlibat dalam suatu jasa atau jasa. Di bidang ini, yang dibutuhkan hanyalah keterampilan, koneksi, dan kepuasan pelanggan. Banyak bisnis yang terlibat dalam pengembangan layanan, seperti bisnis tiket pesawat, bisnis travel, bisnis distributor asisten rumah tangga, dll.

Misal, ketika resmi berwisata ke Kepulauan Seribu, dalam bisnis ini Anda hanya perlu mengenal dan mempercayai bidang lokal seseorang, mengatur segala aktivitas kehidupan di pulau tersebut. Tugas Anda adalah memasarkan bisnis ini dan mengatur peredaran uang. Keuntungannya sangat besar dan Anda dapat melakukan bisnis ini di mana saja. Kunci sukses dalam bisnis ini adalah kepuasan pelanggan. Pelanggan yang lebih puas, siap sukses di bisnis ini.

4. Blogger

Memulai bisnis ini, kecuali membutuhkan modal, juga dilakukan sesuai keinginan Anda. Jadi tentunya bisnis ini tidak hanya menjanjikan tapi juga menyenangkan. Istilah fashion blogger, food blogger dan travel blogger kini telah diciptakan. Sekilas pekerjaannya memang terlihat seperti membuang-buang uang, namun ternyata ia adalah seorang blogger yang berpenghasilan banyak.

Jika banyak orang menjalankan blog Anda setiap hari, dan mereka ingin beriklan di blog Anda, Anda akan mulai mendapatkan penghasilan. Tugas Anda mengupdate blog Anda dengan lebih ditingkatkan sehingga lebih banyak orang yang mengunjungi blog Anda.