Pertunjukkan Perdana Air Mancur Raksasa di Purwakarta Digela

Alun Alun Kota Purwakarta berada di pusat pemerintahan kota Purwakarta. Tepatnya berada di Purwamekar, Desa Nagri Tengah Kec Purwakarta Jawa Barat.

Begitu pula dengan Situ Buleud atau nama lainnya Taman Air Mancur Sribaduga Maharaja. Lokasi kedua tempat wisata yang menjadi ikon kebanggan Kota Purwakarta ini berdekatan sehingga kita bisa menghabiskan waktu sekaligus untuk mengeksplorasi kedua tempat tersebut

 

Akses Lokasi

Akses menuju lokasi sangat mudah di jangkau oleh kendaraan karena berada di tengah-tengah rute jalan utama. Angkutan umum maupun transportasi berbasis aplikasi tersedia disini.

Jika anda berasal dari luar Kota Purwakarta anda bisa mengambil arah keluar gerbang tol Jatiluhur lalu anda bisa mengikuti petunjuk yang sudah ditempel rapih di pinggir jalan raya. Atau anda bisa menggunakan google maps dan anda akan sampai di lokasi tujuan dengan tepat kurang dari 15 menit.

 

Alun Alun Kota Purwakarta

Alun- Alun Kota Purwakarta hanya dibuka di pagi hari dimulai pukul 06.00-09.00 WIB serta dibuka lagi pada sore hari pukul 14.00- 18.00 WIB. Alun Alun Kota Purwakarta merupakan kawasan terpadu yang merupakan ujung tombak pemerintahan di Kabupaten Purwakarta.

Didalam kawasan Alun Alun terdapat bangunan Pemda Kabupaten Purwakarta, Taman Maya Datar, Pendopo Purwakarta, Rumah Dinas Bupati Purwakarta, Galeri Museum Wayang, Masjid Agung Purwakarta, Makam Syech Baing Yusuf dan Kantor Departemen Agama. Selain itu juga didalamnya terdapat beberapa air mancur, kolam ikan dan beberapa patung yang menjadi ikon tatar sunda yaitu patung harimau dan kujang.

Selain bangunan bangunan tersebut, didalam kawasan Alun Alun Kota Purwakarta juga terdapat bangunan yang disebut leuit. Pada jaman dahulu orang orang dari tanah sunda menggunakan leuit sebagai tempat menyimpan padi setelah dipanen.

Anda bisa menikmati waktu disini dengan bersantai dan menikmati keindahan detail bangunan yang ada. Banyak sekali spot foto menarik yang bisa anda jadikan latar untuk foto anda.

 

Situ Buleud Purwakarta

Situ Buleud atau yang memilki nama lain Taman Air Mancur Sribaduga Maharaja adalah sebuah kolam besar yang menjadi penampungan air. Dikatakan Situ Buleud karena kolam tersebut berbentuk bulat atau buleud dalam bahasa sunda.

Air mancur yang berada di kawasan Situ Buleud merupakan air mancur terbesar yang ada di Asia Tenggara. Jika anda berkunjung malam hari di akhir pekan anda bisa melihat megahnya pertunjukan air mancur yang menari-nari diiringi dengan sorotan lampu warna warni serta  berbagai atraksi hiburan yang akan membuat anda terpesona.

Karna merupakan fasilitas umum Situ Buleud dibuka setiap hari yaitu pagi hari pada pukul 06.00-09.00 WIB dan sore hari pada pukul 16.00-21.00 WIB. Anda bisa menghabiskan waktu untuk berjalan santai ataupun duduk di tepian kolam sambil memberi makan ikan-ikan yang di pelihara disana. Tentu itu akan menjadi hal yang menyenangkan untuk melepas rasa penat anda.

 

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Alun Alun Kota Purwakarta dan Situ Buleud sudah sangat lengkap. Toilet umum, tempat ibadah dan prasana seperti tempat duduk santai pun mencukupi dan sangat terawat dengan baik.

Di pagar luar Situ Buleud pun terdapat banyak sekali aneka jajanan yang bisa anda nikmati.  Disekitar Situ Buleud banyak terdapat cafe dan rumah makan yang bisa anda singgahi untuk melepas rasa lapar setelah berjalan jalan mengeksplorasi kedua tempat wisata ini.

Jika anda berasal dari luar kota anda bisa menyewa Hotel yang berada tepat di samping pintu masuk Situ Buleud. Kedua tempat ini sangat layak untuk anda masukan kedalam list destinasi wisata anda.

 

Sumber : Fortune Indonesia

 

By Drajad