7 Cara Belajar Coding yang Efektif untuk Pemula

Jika kamu pernah belajar tentang ilmu komputer atau tertarik dengan komputer, pastinya sering mendengar istilah coding. Istilah yang satu ini akan selalu kamu temukan jika belajar di dunia yang berhubungan dengan teknologi informasi atau TI/IT.

Coding sering digunakan untuk melakukan suatu program terbaru  atau membuat suatu pengaturan pada aplikasi. Di dalam era yang canggih saat ini, seseorang yang mampu menjalankan coding sangat dibutuhkan. Apalagi hampir semua kegiatan banyak yang mengandalkan teknologi komputer.

Meskipun sering terdengar, nyatanya masih banyak yang belum paham maksud dari coding itu sendiri. Bahkan, banyak juga yang tidak bisa membedakan antara coding dan programmer. Nah, agar lebih paham, simak ulasannya di bawah ini.

 

Pengertian Coding

Sebelumnya kita harus tahu dulu apa itu coding dan seperti apa proses perjalannya. Coding adalah sebuah langkah-langkah dalam melakukan kegiatan programmer dalam hal menata sebuah sistem suatu perangkat lunak maupun aplikasi.

Dengan kata lain, kegiatan dalam coding adalah memberi tahu pada komputer untuk melakukan apa yang diperintahkan. Secara otomatis komputer akan mengikuti perintah berdasarkan perintah dari coding tersebut.

 

Perbedaan Coding dan Programming

Setelah kamu mengetahui pengertian dari coding, kita masuk ke bagian perbedaan dengan programming. Beberapa perbedaan yang paling mencolok adalah sebagai berikut:

  1.     Pengertian

Hal pertama yang sering terlihat adalah pengertian keduanya. Untuk coding seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ini merupakan proses menerjemahkan bahasa manusia ke bahasa mesin. Dengan begitu, komputer akan menjalankan perintah sesuai dengan bahasa yang dimasukan.

Lalu untuk programming adalah sebuah proses pengembangan perangkat lunak atau sering disebut  sebagai software. Dengan kata lain, coding sendiri adalah salah satu bagian dari programming itu sendiri.

  1.     Alat yang digunakan

Baik coding maupun programming memiliki persamaan, yakni memakai perangkat komputer seperti PC, laptop, bahkan smartphone. Meskipun begitu keduanya memiliki sedikit perbedaan dalam hal tools atau alat saat berhadapan dengan komputer.

Untuk coding biasanya cukup membutuhkan program seperti text editor. Lalu untuk programming  justru cukup banyak alat yang dibutuhkan. Contohnya perangkat analisis, modeling, generator untuk kode, dan framework testing.

  1.     Pengetahuan yang Dibutuhkan

Seseorang yang bekerja di bidang coding dan juga programming tentunya harus memiliki pengetahuan dasar saat mengerjakan sesuai bidangnya. Pada seorang coder sangat membutuhkan pengetahuan dasar tentang bahasa pemrograman, syntax dan juga kata kunci umum di dalam coding.

Untuk programmer sangat dibutuhkan pengetahuannya dalam menciptakan algoritma. Selain itu, programmer juga diharapkan mampu melakukan modeling permasalahan, pemrosesan data, dan juga melakukan manajemen proyek.

  1.     Sistem Pendekatan dalam Kerja

Baik coding maupun programming memiliki sistem pendekatan yang berbeda satu sama lain saat melakukan pekerjaan. Pada coding, dia memakai pendekatan trial-and-error saat melakukan tugasnya. Dia juga secara umum tidak memerlukan persiapan khusus pada saat membuat program.

Lalu untuk programming memakai sistem pendekatan yang teratur dan juga sudah teruji. Dengan begitu, diharapkan programmer meminimalisir terjadinya kesalahan saat membuat aplikasi. Maka dari itu, programmer juga harus memperhatikan khusus pada detail aplikasi yang dibuat.

  1.     Hasil Akhir

Untuk hasil akhir baik dari coding dan programming juga ada sedikit perbedaan. Pada coding, hasil akhirnya adalah sebuah program “mentah” yang masih bisa diutak-atik sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan pada programming, maka hasil akhirnya adalah program “jadi” yang artinya aplikasi sudah siap dipakai atau digunakan pengguna.

Demikian mengenal maksud dari coding dan perbedaannya dengan programming. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

By sartika