Tips Trik

Mengenal 7 Jenis Website E-Commerce

Summary

  Perkembangan dunia digital dan internet belakangan ini juga membuat perubahan pada pola kehidupan masyarakat, tidak terkecuali dengan pola berbelanja. Jika sebelumnya orang-orang harus pergi ke toko untuk membeli barang-barang yang mereka inginkan, kini kemudahan teknologi internet telah merubah kebiasaan […]

Perkembangan dunia digital dan internet belakangan ini juga membuat perubahan pada pola kehidupan masyarakat, tidak terkecuali dengan pola berbelanja. Jika sebelumnya orang-orang harus pergi ke toko untuk membeli barang-barang yang mereka inginkan, kini kemudahan teknologi internet telah merubah kebiasaan tersebut menjadi tren belanja via online shop. Ada banyak bermunculan e-commerce dan marketplace yang reviewnya bisa Anda cari di situs-situs yang membahas seputar teknologi dan internet seperti technicaltalk.net
Selain via marketplace, belanja online juga bisa dilakukan melalui sosial media atau aplikasi chattingseperti whatsapp yang sebaiknya sudah di-install gbwhatsapp agar memiliki fitur lebih lengkap untuk kemudahan transaksi jual beli. Namun, tahukah Anda sebenarnya website-website e-commerce sebenarnya terdiri dari jenis-jenis yang berbeda? 
Berikut macam-macam e-commerceyang perlu Anda ketahui untuk menambah wawasan Anda seputar dunia digital terlebih bagi Anda yang tertarik untuk mendalami bisnis online via e-commerce atau marketplace

Business to Business

Website e-commerce dengan sistem business to business merupakan e-commerceuntuk kegiatan transaksi elektronik antar satu perusahaan dengan perusahaan yang lain. Biasanya e-commerce ini digunakan antara produsen dengan pihak grosir.

Business to Consumer

Website e-commerce dengan sistem business to consumer merupakan e-commerce yang melayani kegiatan transaksi antara produsen langsung ke tangan konsumen akhir. Website e-commerce semacam inilah yang paling sering Anda gunakan untuk membeli barang-barang kebutuhan Anda. Untuk melihat review-reviewmengenai e-commerce semacam ini, Anda bisa mencarinya di situs-situs yang membahas mengenai teknologi internet.

Consumer to Consumer

Website e-commerce dengan sistem consumer to consumer merupakan e-commerce yang dilakukan untuk melakukan transaksi antara konsumen yang ingin menjual barangnya dengan konsumen yang ingin membeli tanpa harus bertatap muka.
Sebenarnya selain melalui e-commerce,  Anda juga bisa melakukan transaksi semacam ini melalui aplikasi chattingseperti whatsapp yang sebaiknya sudah di-install gbwhatsappagar memiliki fitur-fitur yang lebih memudahkan transaksi.

Consumer to Business

Website e-commerce dengan sistem consumer to business memiliki kebalikan dari sistem business to consumer. Dalam e-commerce ini, konsumen bisa menawarkan produk atau jasa ke perusahaan yang membutuhkan. Jika Anda sebagai konsumen ingin menggunakan e-commerce ini, Anda bisa mencari tutorial penggunaannya melalui situs-situs yang membahas teknologi internet seperti technicaltalk.net.

Business to Administration

Website e-commerce dengan sistem Business to Administration merupakan website e-commerce untuk transaksi atau pelayanan antara perusahaan dengan administrasi publik. Biasanya website e-commerce semacam ini memiliki keterlibatan dengan layanan pemerintah.

Consumer to Administration

Website e-commerce dengan sistem Consumer to Administration memiliki sistem yang hampir mirip dengan e-commercejenis Business to Administration. Hanya saja, dalam Consumer to Administration, transaksi pelayanan publik ini dibuat untuk menjembatani antara konsumen sebagai individu dengan administrasi pelayanan publik.

Online to Offline

Website e-commerce dengan sistem Online to Offline merupakan e-commerce yang mengusung model bisnis online melalui e-commerce namun tujuan akhirnya adalahuntuk mengarahkan si calon konsumen agar mengunjungi toko offline dari produk tersebut. 

Itulah beberapa jenis atau model yang digunakan oleh berbagai e-commerce yang marak bermunculan akhir-akhir ini. Pada intinya, seluruh e-commerce tadi dikembangkan untuk mempermudah para konsumennya untuk melakukan berbagai aktivitas mereka. Untuk lebih mencari tahu lebih lanjut info-info seputar e-commerce, Anda bisa mempelajarinya di situs-situs yang membahas mengenai teknologi internet seperti technicaltalk.net.