Parenting

Mencegah Malnutrisi pada Anak dengan Susu Nestle Nutren Junior

Summary

Kasus malnutrisi merupakan hal yang sangat ditakuti oleh setiap orang tua, apalagi jika kasus tersebut menyerang anak-anak yang masih di bawah umur. Malnutrisi merupakan keadaan ketika tubuh seseorang kekurangan nutrisi yang akan mempengaruhi pertumbuhan, kesehatan, dan fungsi orang tubuh seseorang. […]

Mencegah Malnutrisi pada Anak dengan Susu Nestle Nutren Junior

Kasus malnutrisi merupakan hal yang sangat ditakuti oleh setiap orang tua, apalagi jika kasus tersebut menyerang anak-anak yang masih di bawah umur. Malnutrisi merupakan keadaan ketika tubuh seseorang kekurangan nutrisi yang akan mempengaruhi pertumbuhan, kesehatan, dan fungsi orang tubuh seseorang. Ada beberapa cara agar anak bisa terpenuhi nutrisinya, salah satunya adalah dengan meminum susu Nestle Nutren Junior.

Kasus Malnutrisi di Dunia

Malnutrisi sudah banyak sekali terjadi, khususnya di negara-negara berkembang dan negara miskin. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan juga malnutrisi terjadi di beberapa negara maju. Badan kesehatan dunia, WHO atau World Health Organization menyatakan bahwa malnutrisi adalah hal yang mengancam kesehatan dunia. Lebih dari 45% kasus kematian anak di bawah 5 tahun adalah akibat dari malnutrisi ini.

Pada tahun 2009, hampir 2 juta orang terindikasi mengalami malnutrisi dan 3 juta orang lainnya terancam bahaya terkena malnutrisi. Oleh sebab itu, semua orang sangat disarankan untuk memahami betul akan malnutrisi seperti sindrom dan pencegahannya.

Mencegah Anak Mengalami Malnutrisi

Memang jauh lebih baik jika Anda melakukan pencegahan daripada mengobati. Ketika anak sudah mengalami malnutrisi, tidak ada jaminan bahwa proses penyembuhan akan berhasil. Oleh karena itu, pencegahan adalah hal yang terbaik yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

  1. Pelajari penyebab malnutrisi

Bagaimana seseorang bisa mencegah terjadinya sesuatu tanpa mengenal lebih dalam akan sesuatu tersebut? Begitu pula dengan kasus malnutrisi. Anda tidak bisa mencegahnya jika tidak memahami betul tentang penyebab-penyebab malnutrisi. Umumnya, malnutrisi terjadi ketika tubuh kekurangan nutrisi dari minuman atau makanan seperti lemak, vitamin, mineral, karbohidrat, dan sebagainya. Makan terlalu sedikit adalah mayoritas yang menyebabkan seseorang mengalami malnutrisi.

  1. Mempelajari faktor penyebab malnutrisi

Faktor usia adalah salah satu faktor yang bisa menyebabkan malnutrisi. Kebutuhan nutrisi anak-anak, remaja, dewasa, dan lansia berbeda-beda. Anak-anak mungkin yang paling membutuhkan banyak nutrisi. Oleh sebab itulah, anak-anak adalah usia yang paling sering mengalami kasus malnutrisi karena kebutuhan mereka cukup banyak namun tidak diimbangi dengan nutrisi yang masuk. Selain usia, faktor trauma dan adanya penyakit kronis juga dapat menyebabkan malnutrisi.

  1. Mengidentifikasi semua gejala

Terakhir, Anda harus bisa mengidentifikasi semua gejala dari malnutrisi. Mencegah artinya Anda harus memahami setiap gejala yang sudah atau akan muncul. Beberapa gejala yang sering tampak antara lain mudah lelah, susah konsentrasi, berat badan menurun, kurang nafsu makan, depresi, dan mudah terkena penyakit. Jika hal tersebut sudah mulai muncul, sebaiknya segera penuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah anak mengalami malnutrisi. Sebenarnya mencegahnya itu sangat mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah ketekunan dan ketelatenan dalam memberikan makanan kepada anak.