Dukung Pemulihan Ekonomi Bisnis Lewat Fortune Indonesia Summit 2022

Manfaat perdagangan internasional bagi negara, keberadaan perdagangan internasional bisa memberi beragam keuntungan dan manfaat untuk negara itu atau negara lain. Hal ini disebabkan perdagangan internasional sebenarnya merupakan bentuk transaksi atau persetujuan bersama yang akan menguntungkan berbagai pihak.

  1. Mudah mendapatkan barang dari luar negeri

Mampu memperoleh barang yang tidak bisa diproduksi oleh negara sendiri lewat aktivitas impor barang, masyarakat suatu negara dapat memperoleh produk tertentu yang tidak bisa diproduksi negaranya sendiri. Bermacam faktor yang membuat negara yg tidak bisa membuat produk tertentu seperti kondisi geografis, iklim, sampai tingkat penguasaan IPTEK.

  1. Memperluas Keuntungan dari Spesifikasi

Maksudnya ialah walaupun suatu negara mampu memproduksi suatu barang yang sama jenisnya dengan yang diproduksi negara lain, tapi terkadang produk yang dihasilkan negara lain lebih baik kualitasnya sehingga negara ini akan mengimpor produk yang sama.

  1. Memperluas pasar dan menambah keunggulan

Dalam hal ini umumnya manfaat banyak dirasakan oleh pengusaha, beberapa pengusaha terkadang tidak menjalankan mesin alat produksinya dengan maksimal karena khawatir jika kelebihan produksi dapat menyebabkan turunnya harga produknya. Dengan adanya perdagangan internasional produksinya dapat dijalankan secara maksimal dan menjual kelebihan produknya ke luar negeri.

  1. Transfer Teknologi Modern

Lewat kegiatan perdagangan internasional, suatu negara bisa mendapat kesempatan guna mempelajari teknik produksi dan manajemen yang lebih modern dari negara lain.

  1. Meningkatkan Hubungan Persahabatan antar Negara

Kegiatan perdagangan internasional adalah transaksi dan persetujuan antarnegara hingga secara tidak langsung mampu mewujudkan hubungan persahabatan antar negara.

  1. Memperluas Lapangan Kerja

Apabila pasar luar negeri makin meluas, maka produksi barang dan jasa akan meningkat ini akan meningkatkan kerja untuk masyarakat serta mengurangi jumlah pengangguran. Contohnya sekarang banyak tenaga kerja dari Indonesia yang bekerja di luar negeri seperti di kapal, restoran, sampai pusat pelatihan. Demikian sebaliknya tenaga kerja dari luar negeri banyak yang bekerja di Indonesia.

  1. Mendorong kegiatan produksi barang secara maksimal

Tujuan dari kegiatan perdagangan internasional ialah memperluas pasar di luar negeri, bila pasar di luar negeri luas produksi barang. Ini tentu bermanfaat untuk pengusaha baik yang lama atau yang baru.

 

Contoh perdagangan internasional

Tujuan perdagangan internasional yakni setiap negara memperoleh keuntungan.

  1. Indonesia jual barang elektronik ke pasaran, manfaat yang didapat ialah negara memperoleh keuntungan dan masyarakat terpenuhi.
  2. Negara penghasil pertanian bisa membeli barang lebih murah daripada produk nya sendiri, sama halnya dengan negara industri yang beli produk hasil pertanian dari negara lain lebih murah.
  3. Membeli alat teknologi modern guna meningkatkan produksi pertanian di suatu negara.
  4. Perdagangan internasional membuat kerjasama ekonomi secara global dan regional, organisasi perdagangan yang sifatnya regional misalkan AFTA (Asean Free Trade Area). Organisasi itu adalah kawasan perdagangan bebas negara-negara anggota ASEAN.

 

Perdagangan internasional merupakan kegiatan jual beli barang atau jasa yang dikerjakan oleh kelompok atau individu antar negara, manfaat perdagangan internasional bisa meningkatkan devisa negara dan harga barang stabil.

 

Terjadinya perdagangan internasional disebabkan suatu negara tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri karena ada perbedaan sumber daya dan teknologi guna memproduksi barang, di perdagangan internasional dikenal istilah ekspor dan impor. Ekspor merupakan pengiriman barang atau jasa ke luar negeri, sedangkan impor adalah membeli barang atau jasa dari luar negeri.

 

Demikian manfaat perdagangan internasional yang patut diketahui dan dapat menambah pengetahuan bagi yang membacanya.

By sartika