ASUS telah resmi meluncurkan teknologi layar ASUS OLED di Indonesia melalui acara bertajuk “ASUS OLED Launch – Comparison with ASUS OLED”. Teknologi layar ini hadir di berbagai seri laptop ASUS dan akan diadopsi oleh sebagian besar seri laptop ASUS mendatang.

Tidak seperti teknologi layar laptop lainnya, ASUS OLED tidak hanya menawarkan kualitas visual terbaik. Laptop yang ditenagai teknologi ASUS OLED akan bisa lebih memanjakan mata sekaligus menjaga kesehatan mata penggunanya.

“Inovasi ASUS melampaui kinerja dan ASUS OLED merupakan bukti komitmen kami terhadap inovasi dalam teknologi visual untuk layar laptop,” kata Jimmy Lin, Regional Director ASUS untuk Asia Tenggara.

“Teknologi ASUS OLED akan membawa pengalaman laptop ke level berikutnya dengan kualitas visual yang kaya, warna yang akurat, dan kesehatan mata yang lebih aman. ASUS OLED adalah teknologi tampilan laptop terbaik yang bisa Anda dapatkan saat ini.”

Tidak hanya untuk penggunaan sehari-hari seperti browsing atau menikmati presentasi multimedia, ASUS OLED juga bagus untuk para pembuat konten karena mampu menampilkan warna yang sangat kaya dan akurat. Bagi mereka yang bekerja dengan laptop setiap hari, layar ASUS OLED juga dapat meningkatkan produktivitas dan menjaga kesehatan mata.

Berikut lima keunggulan Asus OLED dibandingkan layar laptop:

  1. Warna yang lebih kaya dan lebih akurat

ASUS OLED dirancang untuk para profesional yang membutuhkan layar dengan reproduksi warna dan akurasi tinggi, sesuai dengan standar industri film saat ini. Atas dasar ini, ASUS OLED yang merupakan laptop bisnis terbaik ini mampu mereproduksi 100% ruang warna DCI-P3, yang setara dengan 133% ruang warna sRGB.

Fitur ini memungkinkan ASUS OLEDs untuk menampilkan visual dengan warna yang lebih kaya dan detail yang lebih baik. Reproduksi warna tingkat tinggi tidak akan berguna tanpa tingkat akurasi warna yang tinggi.

Setiap laptop dengan teknologi layar ASUS OLED telah dikalibrasi sebelumnya, sehingga setiap laptop dengan ASUS OLED akan menghasilkan warna yang sangat akurat. ASUS OLED juga memiliki standar kalibrasi warna yang tinggi dan bersertifikat PANTONE Validated Display.

  1. Lebih aman untuk kesehatan mata

Radiasi cahaya biru dari layar laptop merupakan penyebab utama kelelahan mata dan bahkan dapat mempengaruhi kesehatan mata dalam jangka panjang. ASUS OLED memiliki fitur Eye Care, yang mengurangi paparan radiasi cahaya biru di layar hingga 70%. Alhasil, laptop dengan teknologi layar ASUS OLED akan lebih nyaman digunakan dan lebih melindungi kesehatan mata penggunanya, terutama bagi anak-anak.

Biasanya, paparan radiasi cahaya biru pada layar laptop dikurangi dengan menurunkan tingkat reproduksi biru. Namun, ini mengurangi akurasi warna dan menghasilkan kualitas visual yang buruk. Fitur Eye Care di ASUS OLED tidak hanya mengurangi emisi cahaya biru, tetapi juga menjaga kualitas reproduksi dan akurasi warna.

Dengan menggeser spektrum biru, ASUS OLEDs dapat menekan emisi cahaya biru tanpa mengurangi kualitas dan akurasi warna. Metode ini juga disertifikasi cahaya biru rendah dan bebas kedip oleh TÜV Rheinland.

  1. Tetap jernih bahkan pada tingkat kecerahan rendah

Saat menurunkan tingkat kecerahan, tingkat akurasi warna pada layar biasanya menurun. Ini karena kebanyakan laptop menggunakan gamut warna 2D sebagai referensi. ASUS OLED menggunakan gamut warna 3D sebagai referensi dibandingkan layar laptop pada umumnya.

Gamut warna 3D menambahkan faktor pencahayaan untuk mengukur volume warna secara keseluruhan, dan Asus OLED memiliki peningkatan volume warna 60% dibandingkan layar laptop biasa.

Berkat kapasitas warna yang lebih besar, laptop yang menggunakan ASUS OLED dapat menghadirkan tingkat reproduksi warna yang sangat tinggi pada rentang tingkat kecerahan yang lebih luas. Tidak diragukan lagi bahwa ASUS OLED mampu menampilkan warna dengan jelas, kaya, dan akurat bahkan pada tingkat kecerahan rendah, sementara layar laptop biasanya hanya mereproduksi 11% warna.

  1. Warna dan detail visual terbaik

Dibandingkan layar laptop yang biasanya masih menggunakan panel backlit, OLED Asus terdiri dari jutaan lampu LED yang sangat kecil. Setiap LED dapat dimatikan sepenuhnya, menghasilkan warna hitam sempurna dengan kontras warna yang sangat tinggi.

Tidak tanggung-tanggung, ASUS OLEDs memiliki rasio kontras hingga 1.000.000:1, memungkinkan pengguna untuk menikmati setiap detail warna dengan sangat jelas. ASUS OLED juga menerima sertifikasi VESA DisplayHDR 500 True Black. Artinya, pengguna juga dapat menikmati berbagai konten multimedia yang dirender dengan sempurna dalam HDR. Pengalaman visual terbaik hanya bisa didapatkan dari laptop dengan teknologi layar ASUS OLED.

  1. Visual lebih tajam tanpa efek buram

Menikmati presentasi multimedia dengan gerakan visual yang cepat, seperti film aksi, seringkali menunjukkan efek buram yang merangsang mata. Untuk mengatasi masalah tersebut, ASUS OLED dilengkapi dengan response time yang sangat cepat, yaitu 0.2ms atau 50 kali lebih cepat dari rata-rata layar laptop.

Waktu respons yang lebih cepat memungkinkan tampilan visual dengan gerakan cepat ditampilkan lebih jelas dengan detail tinggi. Dengan begitu, Anda tidak akan lagi melewatkan detail film aksi dan kesulitan membaca teks yang sedang berjalan, karena Asus OLED menampilkannya dengan baik tanpa buram.

Tersedia di Indonesia

Seri laptop ASUS dengan teknologi layar ASUS OLED kini hadir di Indonesia, mulai dari seri ZenBook hingga VivoBook. ASUS juga meluncurkan laptop dengan teknologi layar ASUS OLED paling terjangkau di Indonesia yaitu VivoBook Ultra 15 OLED (K513) dengan harga Rp8.599.000.

“Kami ingin memastikan seluruh lapisan masyarakat Indonesia dapat menikmati visual effect terbaik melalui ASUS OLEDs,” ujar Jimmy. “Saatnya beralih ke teknologi layar ASUS OLED terbaru yang lebih nyaman dan aman.”