Vespa Sprint Carbon Harga Rp42,5 Juta, Ini Spesifikasinya

 

Bagi para pecinta kendaraan roda dua vespa matic dan vespa jadul sama sama jadi kendaraan yang sangat digemari. Tapi saat ini para pecinta vespa jadul sudah mulau beralih ke vespa matic. Di Indonesia sendiri untuk vespa matic ini dipasarkan oleh PT Piaggio Indonesia, mereka membuat skuter kecil dari yang model Vespa S, GTS 150, GTS 300, dan model LX.Motor ini memang terlihat gagah dan juga kokoh, tapi ternyata motor ini memiliki beberapa kelemahan. Sebelum Anda membeli motor ini sebaiknya Anda cari tahu dulu mengenai kekurangan yang ada pada motor ini:

  • Gejala gregel

Hal yang pertama ini sudah jadi sebuah rahasia umum untuk para pemilik vespa, gejala yang stu ini memeng sudah umum terjadi, hal ini juga biasa terjadi untuk vesva matic. Vespa ini biasanya mengalami kejadian yang satu ini jika jaraknya sudah menempuh 4.000 km. gejala awalnya bisanya adanya slip di mangkok area CVT dan juga kampas koling penyebabnya biasanya karena sudah kotor atau kampasnya aus. Solusi untuk mengatasi masalah yang satu ini adalah dengan sering membersihkan area CVT di vespa Anda.  Jangan sampai Anda menunda- nunda untuk membersihkan area ini, lebih baik jika Anda rajin membawa vespa Anda ke tempat service supaya mendapatkan pengecekan yang berkala. Ada cara lain juga yang bisa Anda lakukan untuk mecegah masalah ini yaitu dengan mengganti satu set komponen CVTnya. Pilihanya cukup banyak Anda bisa menggantinya dengan buatan pabrik atau 4.000 km.

  • Tali rem

Rem ini harus ada dalam kondisi yang prima, hal ini juga jadi salah satu komponen penting saat melakukan deselerasi. Penyakit yang palig sering terjadi untuk vespa matic ini adalah tali rem yang sangat mudah macet. Hal ini terjadi karena diameter untuk kabelnya berukuran lebih besar dan juga sangat mudah untuk karatan.  Karena hal ini rajinlah melakukan pengecekan secara rutin untu sistem pengereman vespa yang modern, jika Anda merasa fungsinya sudah tidak optimal sebaiknya segera di ganti.

  • Karet bushing

Hal ini juga cukup sering terjadi di vespa matik, untuk mengatasi masalah ini sebaiknya Anda rutin untuk  menganti karetnya jangan sampai karet tersebut mengganggu kenyamanan Anda saat berkendara. Jika fisik dari karet sudah jelek sebaiknya segeralah untuk di ganti. Faktor yang biasanya membuat karet blushing in ijadi rusak adalah kondisi jalanan yang di lalui, jadi jika Anda sering menggunakan motor Anda untuk melewati jalanan yang rusak akan membuat engine mountingnya jadi lebih cepat aus.

  • Ongkos

Untuk penggantian suku cadang dari CVT yang standar bisa mencapai hampi 700 ribu Rp 412,500 untuk belt-nya Rp 137 ribu roller. Untuk tali rem harganya Rp 74 ribu dan untuk karet bushing per item Rp 55 ribu. Harga yang telah di sebutkan di atas tentu saja belum termasuk harga untuk jasa pasangnya, tapi jika Anda ingin lebih irit Anda ini bisa mengganti semua komponennya dengan paket servis besar biasanya harganya ada di kisaran  Rp 225 ribu. Jadi jika Anda ingin ganti CVT, dua bushing, dan tali rem Anda hanya akan mengeluarkan uang sekitar Rp 1.700.000

 

Nah itulah beberapa kelemahan pada dari  Vespa matic yang harus Anda tahu.  Semoga informasi ini jadi gambaran saat kita ingin membeli vespa matic.

By sartika