jenis kertas buku

Salah satu bagian terpenting dalam mencetak buku adalah jenis stok kertas yang akan digunakan. Stok kertas berkualitas tinggi akan membuat kesan yang baik pada pembaca, pelanggan, dan klien.

Jadi, apa pun jenis proyek buku yang perlu Anda cetak, luangkan waktu sejenak untuk mempertimbangkan jenis kertas yang ingin Anda gunakan.

Kertas Tidak Dilapisi

Setiap kali Anda mencetak dokumen di rumah menggunakan printer Anda, Anda menggunakan kertas yang tidak dilapisi. Kertas ini dibuat agar terasa kasar, meskipun itu tidak selalu berarti buruk. Kertas kasar dapat menahan tinta lebih baik.

Namun, jika Anda perlu mencetak banyak gambar berkualitas tinggi dalam warna yang memukau, kertas yang tidak dilapisi mungkin bukan pilihan terbaik. Itu karena sifat yang sama yang memungkinkan tinta bertahan lama juga meredam warna gambar.

Kertas yang tidak dilapisi biasanya digunakan dalam buku agenda atau perencana – dua jenis buku murah yang sering perlu dicoret-coret untuk mengingat tanggal dan waktu pengingat dan janji penting.

Alat tulis juga sering dicetak pada kertas yang tidak dilapisi karena barang-barang seperti amplop dan kartu ucapan juga perlu ditulis. Dan terakhir, Anda akan menemukan kertas uncoated yang digunakan di banyak novel atau koleksi fiksi, karena buku-buku ini dijilid menggunakan teknik penjilidan yang sempurna .

Khusus untuk pembuatan buku agenda, kami sarankan buat melalui buku-agenda.com saja. Karena buat buku agenda tahunan jadi lebih murah dan terjangkau.

Dilapisi kertas

Pilihan lain adalah menggunakan kertas berlapis untuk proyek buku Anda berikutnya. Lapisan tersebut berasal dari film tanah liat yang mencegah tinta merembes ke dalam kertas.

Biasanya, Anda akan menemukan kertas berlapis yang digunakan dalam proyek seperti buku komik dan novel grafis, portofolio profesional, dan item presentasi. Ketika merancang dan mencetak barang-barang ini, membuat kesan pertama yang baik sangat penting, itulah sebabnya Anda juga harus memikirkan ketebalan dan laminasi.

Ketebalan dan Laminasi

Seberapa tebal kertas juga penting. Printer yang berbeda akan menggunakan pengukuran yang berbeda. Jika Anda tidak ingin gambar tinta dan foto muncul dari satu sisi halaman ke sisi lainnya, maka Anda perlu mencegah kebocoran.

Laminasi halaman proyek buku dapat membantu membuatnya lebih rapi dan juga melindungi kertas itu sendiri dari kerusakan akibat kelembaban atau bahaya lain yang mungkin dihadapinya.

By Mbah Jago

Tertarik dan berminat sekali dengan topik-topik seputar Digital Marketing dan topik terkait lainnya. Anda bisa mengunjungi Salman.Agency untuk mendapatkan informasi tambahan