Kesehatan

Ini Dia Gejala Kolesterol Di Usia Muda Yang Wajib Kamu Tahu

Summary

Muda bukan berarti akan terjamin aman dari resiko penyakit, sebut saja misalnya penyakit kolesterol tinggi. Jika usiamu masih muda sebaiknya jangan kepirikan untuk cuek dengan yang namanya kolesterol ya, pasalnya meski berusia muda bukan berarti akan bebas dari masalah kolesterol, […]

Ini Dia Gejala Kolesterol Di Usia Muda Yang Wajib Kamu Tahu

Muda bukan berarti akan terjamin aman dari resiko penyakit, sebut saja misalnya penyakit kolesterol tinggi. Jika usiamu masih muda sebaiknya jangan kepirikan untuk cuek dengan yang namanya kolesterol ya, pasalnya meski berusia muda bukan berarti akan bebas dari masalah kolesterol, karena kolesterol tak memandang usia. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan agar bisa terhindar dari penyakit kolesterol tinggi, biar semakin jelas simak penyebab dan Gejala kolesterol di usia muda berikut ini.

Penyebab kolesterol tinggi pada usia muda

  1. Kegemukan

Kamu mungkin perlu untuk cek berat badanmu, pastikan kamu memiliki berat badan yang ideal. Karena jika kamu mengalami kegemukan alias obesitas bin berat badan berlebih, maka kamu memiliki resiko yang lebih besar untuk mengalami masalah kolesterol. Karena di dalam tubuh dengan berat badan yang berlebih terdapat timbunan lemak, dan itu akan sangat mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Merokok

Mungkin sudah terlalu sering kamu mendengar akan bahaya merokok, bahkan ada slogan rokok membunuhmu. Ketahuilah itu bukanlah slogan pemanis pelengkap gambar pada bungkus rokok saja, namun hibauan tersebut memang sangat nyata adanya. Dengan merokok maka tubuh akan terpapar racun dari rokok. Beberapa masalah kesehatan serius bisa muncul akibat rokok, salah satunya adalah kolesterol tinggi. Untuk itu berhentilah merokok mulai dari sekarang.

  1. Jarang berolahraga

Banyak anak muda jaman sekarang yang malas untuk berolahraga, setiap hari saetiap waktu mereka hanya sibuk dengan gadget mereka. Semua aktifitas fisik jarang dilakukan termasuk berolahraga, jika terus menerus dilakukan akibatnya tubuh akan mengalami kegemukan. Jika kamu tak ingin mengalami masalah kolesterol tinggi maka sebaiknya kamu rajin berolahraga.

  1. mengkonsumsi makanan kurang sehat

Ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi, misalnya saja cumi-cumi, kuning telur, otak sapi, telur puyuh, susu sapi, margarin, jeroan sapi, tiram, jeroan kambing dan lain sebagainya. Sebisa mungkin batasi mengkonsumsi makanan-makanan pemicu kolesterol tinggi agar badan selalu sehat.

Gejala kolesterol pada usia muda

Ada beberapa gejala kolesterol yang biasa dirasakan, misalnya saja sakit pada leher bagian belakang. Ini terjadi akibat saluran arteri pada area belakang leher yang tersumbat. Jangan sepelekan jika tiba-tiba kamu merasakan sakit pada leher bagian belakang, bisa jadi itu pertanda kolesterol mu sedang tinggi.

Gejala lain yang biasa dirasakan adalah pusing tiba-tiba. Jika tiba-tiba kamu pusing maka sebaiknya kamu waspada jangan-jangan pusing tersebut  akibat tersumbatnya peredaran darah ke otak. Dalam kasus kolesterol tinggi, LDL menjadi biang tersumbatnya peserdaran darah menuju ke otak.

Gejala kolesterol di usia muda yang lainnya adalah merasakan lemas berlebihan. Jika kamu tiba-tiba merasakan lemas berlebihan maka bisa jadi ini merupakan pertanda LDL lagi berulah menyumbat saluran arteri yang mengakibatnya kolesterol tinggi.