Sumber : www.bundapedia.com

 

Semua orang tua tentu ingin memperlengkapi anak dengan sudut pandang yang baik. Semua memang diawali saat anak masih kecil. Tidak dipungkuri, kepandaian emosional anak akan dikuasai oleh bagaimanakah cara orangtua dalam mendidiknya sejak awal kali. Itu kenapa Mom penting selalu untuk menemani anak terutamanya di umur tumbuh berkembangnya.

 

Berdasarkan penjabaran dari Jack Panksepp, seorang Affective Neuroscientist, menjelaskan jika makin anak dikitari oleh emosi positif, karena itu mereka akan tumbuh jadi individu yang lebih produktif dan sisi dari warga yang bahagia. Hal tersebut tentu saja jadi peluang emas untuk orangtua untuk membuat sudut pandang anak.

 

Dalam membentuk pola pikir anak sejak awal kali, tentu saja akan punya pengaruh pada sikapnya saat mereka telah dewasa. Salah satunya triknya benar-benar gampang yakni dengan menyempatkan diri sepanjang 9 menit sehari-harinya. Waktu 9 menit tentu saja bukan waktu lama kan, Mam?

 

Berikut ini tips 9 menit untuk berkomunikasi dengan sang kecil. Walau waktunya singkat, rupanya sanggup mengganti pola pikir, perubahan otak sampai kesehatan psikis sang kecil lo Mam.

 

  1. waktu 3 menit pertama dapat dilaksanakan saat menggugah anak pada pagi hari

 

Pada moment membangunkan anak, Mam tidak harus selalu memaksakan anak segera bangun. Hal itu malah akan membuat kecewa. Menggugah anak membutuhkan langkah khusus karena suasana hati anak yang belum konstan. Memaksakan untuk segera bangun cuman akan membuat moodnya amburadul selama seharian.

 

Agar 3 menit dalam menggugah anak lebih memiliki arti, karena itu Mam dapat sekalian lakukan pembicaraan kecil sekalian merengkuhnya. Menyempatkan diri sesaat cuddling sama anak dampaknya bagus lo Mam. Dengan demikian, anak perlahan-lahan ingin bangun dan pasti dengan suasana hati yang baik karena bangunnya tanpa desakan.

 

  1. waktu 3 menit ketika anak pulang dari sekolah

 

Sebagai anak-anak pasti punyai banyak narasi saat di sekolah. Entahlah itu narasi yang membahagiakan atau memilukan, tentu mereka akan keluarkan keluhannya. Mam seharusnya tidak boleh cuman diam saja saat anak pulang dari sekolah. Walau sedang repot mengolah atau mengurusi tugas rumah, jangan sampai cuekin anak saat mereka pulang dari sekolah ya Mam.

 

Moms hanya perlu menyempatkan diri 3 menit dan akan berpengaruh selama-lamanya. Menyambut sang kecil saat pulang sekolah. Coba untuk bertanya, “ini hari diajarin apa saja, nak?” atau sekedar, “eh anak mamah sudah pulang nih..”. Walau sering dipandang remeh, kenyataannya 3 menit itu sanggup mengganti sudut pandang sang kecil dan benar-benar punya pengaruh saat dia dewasa.

 

  1. waktu 3 menit sebelum anak mulai tidur di malam hari

 

Ini merupakan 3 menit paling akhir yang efeknya sangatlah baik. Saat anak akan tidur, Mam tidak boleh cuman menyelimutinya dan ngomong, “met bobok ya sayang”, lalu pergi wafatkanya. Kadang-kadang menanti anak sampai tertidur bagus untuk perubahan otaknya lo, Mom.

 

Memanfaatkan waktu 3 menit saat sebelum sang kecil tidur tidak terus-terusan membacakan narasi. Mam dapat ajak sang kecil menceritakan, misalkan bertanya, “ini hari senang tidak sayang? Yang buat senang apa nih..”. Dengan demikian semakin lebih membahagiakan untuk sang kecil.

 

Meluangkan waktu 9 menit tiap hari pasti bukanlah hal yang berat. Apa lagi sama waktu singka itu sanggup mengganti sudut pandang anak sekalian sanggup mengoptimalkan perubahan otaknya. Dan yang terpenting, mereka akan terbebas dari tipe kesehatan psikis karena ada perhatian cukup dari orang tuanya.

By andut