Uncategorized

Cara Mencegah Jamur Ganoderma yang Merusak Kelapa Sawit

Summary

Ada beberapa tahapan dan cara mencegah jamur Ganoderma yang merusak kelapa sawit yang perlu Anda lakukan. Jamur Ganoderma jadi persoalan yang ditemui bidang perkebunan kelapa sawit. Penyakit ini dikenali dengan basal stem rot/ busuk pangkal tangkai ini memiliki sifat patogenik […]

Ada beberapa tahapan dan cara mencegah jamur Ganoderma yang merusak kelapa sawit yang perlu Anda lakukan.

Jamur Ganoderma jadi persoalan yang ditemui bidang perkebunan kelapa sawit. Penyakit ini dikenali dengan basal stem rot/ busuk pangkal tangkai ini memiliki sifat patogenik dan menghancurkan tanaman kelapa sawit yang pasti berpengaruh pada produksi.

Ini mengakibatkan jumlahnya banyak muncul produsen pupuk, perusahaan dan instansi dari beragam Negara yang usaha meningkatkan riset terkini dengan arah untuk memberantas keluarga fungi ini.

Beragam carapun dilaksanakan sampai pada tingkatan tes laboratorium dengan hasil memberikan kepuasan.

Tetapi kondisi lingkungan riil gampang beralih-alih dan di saat di terapkan ke lapangan tapi yang didapatkan tidak sama seperti yang diharap.

Sebelum membaca lebih lanjut, kami sarankan juga membaca beberapa informasi menarik tentang Pabrik Kelapa Sawit untuk mengenal lebih jauh bagaimana proses produksi kelapa sawit.

Cara Mencegah Jamur Ganoderma yang Merusak Kelapa Sawit

Seperti kata peribahasa “lebih baik mencegah daripada mengobati”, karena itu berikut akan mengulas bagaimana cara mencegah jamur Ganoderma yang merusak kelapa sawit yang mengakibatkan kerusakan pada tanaman dan pengurangan produksi tandan buah fresh (TBS).

Lakukan Sensus Ganoderma Semenjak Awal

Kerjakan pantauan lapangan untuk saksikan secara langsung keadaan riil di kebun. Bila pada pohon ada basidiokarp Ganoderma, karena itu bisa ditegaskan jika pohon itu masuk fase 3 dan 4 di mana kehadiran pohon sawit sekelilingnya juga tentu diserang. Oleh karena itu dibutuhkan sensus untuk menyaksikan tingkat keparahan tanaman.

Ini dibutuhkan untuk pengaturan Ganoderma agar tentukan tingkat keparahan gempuran Ganoderma dan fase penebaran di area perkebunan. Diagnosis awalnya bisa disaksikan bila ada 3 daun tombak dan ada basidiokarp Ganoderma pada pangkal tangkai.

Musnahkan Sumber Jamur Ganoderma

Faksi perkebunan tidak mengetahui jika wilayah epidemik Ganoderma sebetulnya karena inokulumnya sudah menebar dan bertahan di dalam area kebun, hingga pada keadaan tanaman sehat akan turut terkena penyakit ini. Sumber jamur ini umumnya berbentuk beberapa sisa tangkai land clearing, pohon sawit yang sudah mati dan ada gembala ternak yang masuk area perkebunan. Salah satunya cara penting dalam memberantas Ganoderma harus dilaksanakan pemberantasan pada sumbernya lebih dulu.

Hindari Pemakaian Bahan Kimia Terlalu berlebih

Sebagian besar kasus sebagai pemicu khusus infeksi Ganoderma ialah disebabkan karena kerusakan agroekosistem, di mana lawan alami jamur ini makin sedikit. Ini dikuasai oleh pemakaian bahan kimia yang terlalu berlebih hingga menyababkan jamur Ganoderma jadi lebih tahan. Karena itu jauhi pemakaian bahan kimia supaya tekan perkembangan Ganoderma.

Perawatan Sesuai Standard Yang Diaplikasikan

Lakukan perawatan teratur pada tanaman kelapa sawit memberikan kontributor penting dalam menahan Ganoderma. Pruning pelepah kuning, buah busuk, dan bunga busuk selanjutnya dihimpun untuk dicincang dan dihilangkan dan menggaruk tepian sebagai wujud perawatan yang harus dilaksanakan supaya jaga tanaman sawit masih tetap ada pada keadaan yang sehat.

Gunakan Pupuk yang Pas

Pemberian pupuk dengan teratur menjadi satu diantara hal yang terpenting untuk menantang gempuran Ganoderma. Pupuk dengan jumlah yang cocok dan pas target menolong pohon mempernyerap pupuk dengan optimal dan tidak mengakibatkan kerusakan pada tanah, dan menolong perubahan mikroorganisme tanah. Seperti yang sudah dilakukan oleh PKT (Plantation Key Technology) dalam formula pupuk MOAF® yang sangat cocok untuk menantang Jamur Ganoderma.

Gunakan CHIPS® untuk Mencegah Ganoderma

Ganoderma bisa serang beragam tahapan perkembangan sawit. Dari main nursery, tanaman belum hasilkan (TBM) dan tanaman hasilkan (TM). Tetapi apabila sudah terjadi infeksi yang mengakibatkan kerusakan pada tanaman, karena itu ongkos yang perlu dikeluarkan untuk menyembuhkan dan mengontrol tentu semakin lebih tinggi.

Hingga penerapan CHIPS® sebagai vaksin Ganoderma sebagai cara mencegah jamur Ganoderma yang merusak kelapa sawit. Ini penting dilaksanakan supaya tanaman kelapa sawit masih tetap pada keadaan terbaik dan bisa berproduksi dengan optimal.