Cara Membuat Marketing Plan

Marketing plan merupakan dokumen berisi hal-hal tentang strategi pemasaran secara detail. Semua bisnis termasuk bisnis jasa digital marketing harus mempunyai marketing plan agar pemasaran yang dilakukan untuk mencapai target terarah dengan baik.

6 Cara Membuat Marketing Plan

Marketing plan atau rencana pemasaran terdiri dari beberapa dokumen, seperti strategi pemasaran, target pasar, jenis pemasaran, hingga anggaran yang disiapkan untuk pemasaran. Berikut ini langkah membuat market plan untuk bisnis jasa digital marketing.

  1. Tentukan Tujuan Perusahaan

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu membuat tujuan atau target perusahaan Anda. Anda akan lebih mudah untuk menentukan strategi pemasaran jika sudah ada tujuan yang pasti. Misalnya, sampai tingkat atau seluas apa jangkauan jasa digital marketing Anda.

  1. Tentukan Target Pasar

Tentukan target pasar yang ingin Anda capai. Menentukan target pasar meliputi wilayah pelanggan, kebutuhan pelanggan, jenis kelamin, dan usia rata-rata pelanggan. Semakin bagus jika Anda mengetahui karakteristik mereka.

  1. Tentukan Strategi Pemasaran

Dari banyaknya jenis promosi, pilih jenis atau strategi pemasaran yang mudah dijangkau oleh target pasar Anda. Misalnya untuk bisnis jasa digital marketing gunakan strategi marketing SEO dan media sosial. Tampilan website juga harus dipikirkan.

  1. Mengetahui Kemampuan Pesaing

Mengetahui kemampuan pesaing di bisnis yang sama sangat penting agar Anda dapat membuat konsep, pelayanan, dan strategi pemasaran yang lebih baik dari kompetitor. Sehingga target pasar lebih memilih jasa Anda dibandingkan jasa kompetitor Anda.

  1. Tetapkan Anggaran Pemasaran

Selanjutnya, setelah menentukan target pasar dan strategi marketing, tentukan anggaran secara detail agar proses pemasaran berjalan lancar. Jangan sampai menyiapkan anggaran terlalu kecil karena dapat menghambat rencana pemasaran.

  1. Lakukan Audit Pemasaran

Setelah Anda menjalankan marketing plan yang sudah dibuat selama beberapa periode, lakukan audit pemasaran untuk mengetahui jenis pemasaran apa yang berhasil dan efektif. Analisis setiap jenis pemasaran untuk mengetahui pemasaran mana yang lebih baik diprioritaskan.

Langkah membuat marketing plan untuk bisnis jasa digital marketing di atas sudah memuat hal-hal terpenting dalam rencana pemasaran. Jika merasa belum cukup, Anda dapat berkonsultasi tentang pemasaran bisnis digital marketing pada Kombas.

By arief