Dalam berbisnis, kami tidak bisa cuma fokus menjaring pelanggan baru dan membiarkan pelanggan setia yang telah kerap mengonsumsi produk kita. Hal ini dikarenakan kekeliruan yang banyak berlangsung terhadap pengusaha adalah kurang perhatikan pelanggan setia sehingga tak jarang para pelanggan setia hilang atau malah diambil alih pesaing dikarenakan tidak ada perhatian, seperti memberikan reward atau promosi-promosi dengan jasa fotografi produk.

Maka dari itu, mulailah untuk fokus menjaring pelanggan baru sekaligus menambah kesetiaan pelanggan lama. Berikut adalah tips beroleh pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama

1. Maksimalkan Penggunaan Media Sosial

Media sosial tidak cuma bagus untuk promosi, tapi termasuk amat efektif untuk melacak pelanggan baru dan beri salam pelanggan lama. Perluas jaringan usaha kami di beragam fasilitas sosial untuk memancing datangnya pelanggan baru ke di dalam usaha kita. Seperti halnya sebuah jaring laba-laba, makin lama luas dan kuat jaringnya, pasti makin lama besar pula kesempatan menangkap mangsa di dalam jumlah yang besar.

Jangan lupa termasuk untuk selamanya cek account fasilitas sosial untuk meyakinkan kami selamanya di dalam lingkaran pergaulan pelanggan. Ketika pelanggan membutuhkan produk, akan selamanya ingat kami bukan ke kompetitor klik disini.

Pilihlah fasilitas sosial terkait terhadap siapa yang Anda targetkan. Temukan di fasilitas mana obyek pasar kami paling lama menggunakan waktu, selanjutnya ikutilah pembicaraan yang tersedia di dalamnya. Berbagilah dan ingatlah bahwa konten adalah mata uang kita. Mulailah dengan melacak hubungan, bukan langsung ke penjualan.

 

2. Jangan Lupakan Networking di Dunia Nyata

Coba telusuri kembali, pernahkah kamu punya pelanggan yang berasal dari pelanggan sebelumnya atau pelanggan tersebut memang telah orang yang kami kenal. Itulah keuntungan dari berjumpa dengan beragam orang, yaitu network atau jaringan kami akan lebih luas.

Teknologi memang telah makin lama maju, tapi membangun interaksi dengan langkah lama tetap bekerja dengan baik. Kenapa? Karena orang-orang condong lebih senang berbisnis dengan orang yang mereka kenal. Jangan lupa untuk buat persiapan kartu nama dan bagikan terhadap setiap relasi yang kami temui. Siapa mengerti kami beroleh pelanggan baru lewat mereka.

 

3. Gunakan Strategi Marketing yang Berbeda-beda

Buatlah sebuah kiat pemasaran yang termasuk penggunaan teknologi seperti e mail marketing atau kami termasuk bisa mengfungsikan the power of “word-of-mouth”. Gunakan kiat pemasaran jangka panjang dengan ada milestone atau penanda untuk setiap bulannya. Melalui hal tersebut, temukanlah kiat pemasaran mana yang paling sesuai untuk produk dan usaha kita.

 

4. Cari Partner Bisnis

Salah satu langkah tercepat untuk menarik pelanggan baru adalah dengan menemukan seorang partner usaha yang bisa menopang kita. Mungkin kamu telah kerap melihat hal ini di dunia bisnis, di mana perusahaan yang satu bekerja sama dengan perusaahan lain, baik di dalam iklan atau produk. Bahkan, akusisi termasuk merupakan tidak benar satu wujud partner bisnis. Yang membedakan, akuisisi merupakan wujud kerja sama yang jauh lebih kuat.

Selalu ingat kalimat, “Pada sementara 2 orang pengusaha profesional memuji atau beradu satu sama lainnya, mereka bisa menarik kesempatan terhubung pintu pasangan bisnisnya”.

 

5. Buat Diskon sampai Berikan Hadiah

Kapan paling akhir kali kamu memberikan penawaran tertentu untuk pelanggan? Mulai sementara ini ingatlah untuk teratur memberikan penawaran tertentu seperti potongan harga atau kamu termasuk bisa memberikan promo hadiah kepada pelanggan.

Kamu termasuk bisa mengfungsikan momen-momen tertentu untuk melakukannya. Seperti moment HUT RI Agustus, banyak pelaku usaha yang memberikan penawaran-penawaran berwujud potongan harga sampai hadiah untuk memanjakan pelanggan setia mereka sekaligus menjaring pelanggan baru.

 

6. Sebuah Kompetisi atau Lomba Berhadiah

Membuat sebuah persaingan atau lomba telah terbukti bisa menopang para pelaku usaha beroleh pelanggan baru. Sebagai contoh, kami bisa memicu persaingan dengan berharap orang-orang untuk mempromosikan usaha kami lewat fasilitas sosial dengan lakukan tag ke teman-temannya. Selain bisa menambah citra positif akan bisnis, langkah ini bisa menopang para pelaku usaha beroleh pelanggan baru.

 

7. Periksa Kembali Laporan Produk

Kamu telah lakukan beragam cara, tapi selamanya saja tidak tersedia pelanggan baru yang datang? Hal ini kemungkinan disebabkan bukan langkah kamu yang salah, tapi kemungkinan produk atau langkah penjualan kamu yang salah. Lihat ulang database dan lakukan kontrol apakah tersedia kekeliruan terkait hal itu.

Jika tetap tidak yakin, kamu bisa lakukan survei, kuesioner, dan sejenisnya untuk berharap pendapat orang-orang sekitar. Perusahaan-perusahaan besar termasuk kerap lakukan hal ini untuk mengerti penilaian penduduk akan produk atau fasilitas yang mereka miliki. Dengan mengerti penilaian penduduk dan pelanggan, kami bisa menambah mutu produk kami untuk kebahagiaan pelanggan lama dan beroleh pelanggan baru dikarenakan mutu produk kami yang makin lama bagus.

By Drajad