Games sports

Bola Basket

Summary

Bola Basket Tembakan Melayang (Lay-Up Shoot) Tembakan layup adalah tembakan dari papan dan tembakan dilakukan oleh pemain dengan papan atau bola basket. Tembakan itu disertai dengan gerakan berjalan dan melompat. Teknik menulis balon dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara. Pertama, […]

Bola Basket

Bola Basket

Tembakan Melayang (Lay-Up Shoot)

Tembakan layup adalah tembakan dari papan dan tembakan dilakukan oleh pemain dengan papan atau bola basket. Tembakan itu disertai dengan gerakan berjalan dan melompat.

Teknik menulis balon dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara. Pertama, bola dimasukkan dengan ayunan satu tangan atau dua tangan dari bawah (under hand shot), bola kedua dimainkan di atas kepala dengan satu atau dua tangan dari atas (overhead shot).

Braket suspensi dapat diambil dari tiga arah yaitu dari sisi kanan ring basket, sisi kiri ring basket dan dari depan ring basket. Gerakan floating shooting dalam pertandingan bola basket dapat dilatih dengan cara sebagai berikut:

Untuk tembakan terbang, bola harus ditangkap dari dribble atau operan saat berenang dan kemudian mengambil dua langkah lagi ke bola basket. Saat melangkah, langkah pertama panjang, langkah kedua pendek lalu lompat setinggi mungkin.
Jika langkah pertama panjang, badan sedikit condong ke depan untuk mendapatkan jarak sejauh mungkin.
Pada langkah pendek kedua, tubuh tegak dan dia melompat setinggi mungkin.

Saat mencapai titik lompat tertinggi, lengan kanan diregangkan dengan cara mendorong bola perlahan ke arah keranjang ke arah tas, dengan cara melompat ke depan atau langsung. Jangan biarkan tubuh Anda turun saat Anda melepaskan bola. Drifting hanya dapat dilakukan tanpa bola untuk meningkatkan mobilitas.

Bertumpu Satu KakiĀ (Pivot)

Pivot terjadi ketika seorang pemain memegang bola dan kemudian menendang dengan semua kaki ke segala arah. Kaki lainnya digunakan sebagai kaki berputar yang selalu menempel di lantai atau lantai.

Teknik permainan dimulai dengan berdiri, diikuti dengan satu kaki ke depan (posisi berjalan). Kedua tangan memegang bola di depan dada Anda saat Anda berat badan dan melihat ke depan. Kaki dilangkahkan ke depan ke arah yang diinginkan, sedangkan kaki belakang tetap sebagai titik pivot di tanah atau lantai. Saat tubuh berputar, tulang kering (semoga) naik sedikit.

Bermain Bola Basket

Setelah memainkan teknik dasar bola basket, cobalah untuk menerapkannya pada permainan yang sebenarnya. Permainan berjalan lancar jika pemain mengikuti aturan permainan.

Beberapa peraturan dalam permainan bola basket adalah sebagai berikut:

1. Lapangan Bermain

2. Jumlah Pemain

Sebuah tim basket terdiri dari maksimal sepuluh pemain, salah satunya adalah kapten. Dalam turnamen tertentu, sebuah tim harus memainkan lebih dari 5 pertandingan dengan 12 pemain. Sebuah permainan bola basket dimainkan oleh 2 tim.

3. Panjang pemain

Bola basket dimainkan dalam dua bagian. Setiap putaran berlangsung 20 menit ditambah istirahat sepuluh menit.

4. Nilai

1 poin diberikan kepada tim yang dapat memasukkan bola dengan tendangan penalti. Dua poin diberikan kepada tim yang tidak bisa memasukkan bola dengan tendangan penalti. Nilai 3 diberikan kepada tim yang dapat memasukkan bola dari jarak tembak tiga angka (field goal tiga angka).

5. Bola Lambung (Jump Ball)

Bola pegas adalah bola yang dilemparkan ke udara oleh wasit antara dua pemain yang berlawanan.

Melompat dilakukan karena dua alasan sebagai berikut:

  • Di area bermain dan setelah istirahat, bola goyang dimainkan di lingkaran tengah lapangan permainan.
  • Jika dua lawan memegang bola bersama-sama, bola lompat terjadi di lingkaran tengah atau di daerah lemparan ke dalam.

Sumber Rangkuman Terlengkap : KelasPJOK.Com