Bitcoin dan Cara Kerjanya

Beberapa tahun terakhir, bitcoin memang sangat disukai banyak masyarakat untuk berinvestasi. Salah satu opsi Crypto Investment Platform ini diklaim sebagai instrumen yang sangat potensial serta bisa menawarkan keuntungan cukup besar.

Akan tetapi, apa sebenarnya bitcoin tersebut? Dan bagaimana cara kerjanya? Nah, bagi anda yang masih penasaran dengan pengertian bitcoin dan cara kerjanya, berikut kami berikan penjelasan lengkapnya untuk anda. Check this out!

Pengertian Bitcoin

Bitcoin ada sejak tahun 2009 yang diciptakan oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Sejak kehadirannya, bitcoin menjadi mata uang baru dan tergolong sebagai mata uang elektronik. Bitcoin sendiri awalnya dipakai dalam transaksi online tanpa jasa bank.

Bitcoin juga memakai kriptografi yang menyediakan berbagai fungsi keamanan dalam tingkat dasar. Tentunya ini menjadikannya bisa dipakai untuk berbelanja maupun investasi. Terbukti sekarang banyak masyarakat yang bergabung dalam Bitcoin Investment Platform.

Cara Kerja Bitcoin

Mungkin ada yang masih belum mengetahui bahwa Bitcoin mempunyai bagian yang menjadi cara kerjanya. Adapun bagian-bagian tersebut yaitu :

  1. Blockchain

Pada bagian ini seluruh transaksi yang memakai bitcoin dimuat. Transaksi akan dinyatakan selesai jika sudah ada dalam blockchain. Bagian ini berisi beragam transaksi baru yang semuanya terhubung pada blok sebelumnya. Transaksi yang ada bahkan bisa diurutkan dari transaksi paling awal.

  1. Miner

Penambang bitcoin dapat dikatakan sebagai penjaga transaksi. Ini memastikan transaksi baru sudah tercatat serta tidak ada gangguan pada daftar transaksi lama. Dinamakan miner sebab mereka yang menambang seluruh blok baru dan membuat daftar yang baru.

Sebagai kompensasinya, miner akan memperoleh sejumlah bitcoin. Perannya cukup penting khususnya dalam membuat sistem jaringan investasi bitcoin ini bisa terus bekerja.

  1. Wallet

Sebagaimana penjelasan di atas bahwa anda nantinya akan mempunyai bitcoin yang disimpan di wallet. Akan tetapi yang disimpan sebenarnya hanya private key untuk memberikan akses pada pemilih koin guna menambahkan transaksi pada block chain.

Demikian ulasan mengenai bitcoin dan cara kerjanya yang mungkin belum anda ketahui selama ini. Bagi anda yang tertarik untuk mencoba investasi bitcoin ada baiknya anda memahami terlebih dahulu bagaimana sistem kerjanya agar anda bisa menjalankannya dengan lancar.