Uncategorized

Mengenal Biaya Provisi Saat Mengajukan KPR

Summary

Pinjaman kepemilikan rumah (CPR) adalah cara paling populer untuk membeli rumah. Namun, mereka tahu ada beberapa biaya tambahan yang harus dikeluarkan pelamar untuk mengajukan KPR, salah satunya biaya retensi. Apa itu biaya Provisi? Biaya provisi adalah biaya yang dibebankan bank […]

Pinjaman kepemilikan rumah (CPR) adalah cara paling populer untuk membeli rumah. Namun, mereka tahu ada beberapa biaya tambahan yang harus dikeluarkan pelamar untuk mengajukan KPR, salah satunya biaya retensi.

Apa itu biaya Provisi?

Biaya provisi adalah biaya yang dibebankan bank kepada debitur. Biaya ini bertindak sebagai ikatan antara bank dan peminjam. Tunjangan dihitung setelah pinjaman disetujui oleh bank dan dibayarkan hanya satu kali sebelum perjanjian pinjaman ditandatangani.

Berapa biaya provisi?

Besarnya biaya cadangan ini berkisar antara 1% hingga 3% dari total utang yang diajukan. Persentase dari total biaya cadangan ini juga tergantung pada kebijakan pemberi pinjaman. Misal, jika Anda meminjam KPR senilai Rp 250 juta, maka biaya cadangan yang harus dibayarkan ke bank adalah Rp 2,5 juta.

Biaya lain-lain saat mengajukan KPR

Selain biaya provisi, ada beberapa biaya lain untuk pengajuan KPR. Berikut penjelasannya:

1. Biaya administrasi

Biaya pengelolaan adalah biaya yang dibebankan bank kepada debitur. Biaya ini digunakan sebagai uang pengganti untuk berbagai aktivitas yang dilakukan bank sebagai bagian dari proses kredit. Misalnya pengecekan file, proses monitoring, dll. Besarnya biaya administrasi tergantung kebijakan perbankan.

2. Biaya asuransi

Saat mengajukan pinjaman hipotek, Anda juga harus membayar biaya asuransinya. Biaya ini sengaja dibebankan untuk melindungi aset rumah Anda jika terjadi kebakaran, tanah longsor, dll. Besarnya asuransi ini bergantung pada bank dan hanya tunduk pada pembayaran satu kali sebelum perjanjian pinjaman.

Biaya Lainnya yang Harus Diketahui

1. Biaya keterlambatan

Salah satu hal yang perlu Anda ketahui saat mengajukan KPR adalah jika Anda melakukan pembayaran yang terlambat Anda akan didenda. Besar kecilnya denda ini tergantung pada bank, tetapi biasanya 2,5% dari total pinjaman. Denda ini dikenakan setiap bulan jika debitur terlambat dari jadwal.

2. Biaya angsuran dipercepat

Jika mempercepat pembayaran atau melunasi utang dengan cepat, debitur juga akan dikenakan denda. Besar kecilnya dendanya tergantung pada bank, tetapi biasanya 1% dari total pinjaman.

Apakah Anda butuh jasa kontraktor rumah jakarta? Jika iya, bisa kunjungi tautan tersebut, hasilnya sangat profesional & puas dengan layanannya.