Kesehatan

Apa Yang Menjadi Penyebab Penyakit Lambung

Summary

Penyakit lambung atau juga disebut secara awam sebagai penyakit maag termasuk jenis penyakit yang banyak terjadi di masyarakat. Mengapa banyak sekali orang mengidap keluhan pada lambung? Apa sebenarnya yang penyebab penyakit lambung? Deherba.com menjelaskannya untuk Anda. Sejumlah Penyebab Penyakit Lambung […]

penyebab penyakit lambung

Penyakit lambung atau juga disebut secara awam sebagai penyakit maag termasuk jenis penyakit yang banyak terjadi di masyarakat. Mengapa banyak sekali orang mengidap keluhan pada lambung? Apa sebenarnya yang penyebab penyakit lambung? Deherba.com menjelaskannya untuk Anda.

Sejumlah Penyebab Penyakit Lambung

Rupanya, penyebab penyakit lambung utamanya adalah kebiasaan kita sehari hari. Mereka yang tidak menjalankan gaya hidup sehat dengan disiplin cenderung memiliki resiko lebih besar mengidap penyakit lambung, baik itu dispepsia yang ringan, GERD hingga tukak lambung yang beresiko kematian.

Apa saja sebenarnya yang termasuk penyebab penyakit lambung?

Pola makan tidak teratur

Makan dengan jam yang tidak teratur, acapkali melewatkan jam makan adalah penyebab utama penyakit lambung. Karena pada jam jam kita biasa makan, peristaltik lambung bekerja lebih aktif dan produksi asam lambung meningkat. Bila di saat itu kita tidak makan, maka aktivitas ini justru akan merusak lambung.

Makan yang tidak dijamin kebersihannya

Salah satu penyebab gangguan lambung adalah infeksi bakteri Helicobacter pylori. Bakteri ini secara alami bisa tumbuh dalam perut manusia dalam jumlah kecil. Tetapi makanan yang tidak bersih bisa jadi mengandung bakteri ini dan meningkatkan kuantitas koloninya dalam perut.

Terlalu sering mengonsumi obat pereda nyeri

Tahukah Anda obat pereda nyeri terutama dari jenis Non steroid memiliki efek buruk mengiritasi lambung? Dalam batas konsumsi wajar ini tidak berbahaya, tetapi bila berlebihan efeknya bisa cukup berat.

Kerap mengonsumsi alkohol dan soda

Alkohol dan soda akan meningkatkan produksi asam lambung. Meningkatkan produksi gas dari lambung hingga menyebabkan efek kembung. Jadi ini bisa membahayakan lambung bila terus menerus. Ini dijelaskan dalam American Journal of Gastroenterology tahun 2000.

Stress berlebihan

Stress ternyata sangat berpengaruh pada kesehatan lambung. Banyak orang mengeluhkan nyeri perut kiri dan kembung di saat tengah mengalami stress. Stress menyebabkan produksi asam lambung meningkat. Dan ini yang menjadi penyebab penyakit lambung.

Kebiasaan mengonsumsi kopi berlebihan

Kopi mengandung cafein yang sifatnya relatif asam. Keasaman dari kopi dalam batas wajar tidak berbahaya. Tetapi bila jumlahnya berlebihan, akan mendorong peningkatan kadar asam lambung. Biasanya mereka dengan keluhan maag akan diminta membatasi asupan cafein dalam bentuk apapun.

Kelebihan kalsium

Ternyata, kalsium yang selama ini dianggap baik untuk kesehatan juga bisa menjadi penyebab penyakit lambung ketika dikonsumsi berlebihan. Hiperkalsemia akan menyebabkan lambung mengalami Ph tinggi. Ini mendorong lambung memproduksi ekstra asam lambung demi mengembalikan ph lambung menjadi asam. Yang tentu saja justru dapat membahayakan lambung bila terjadi terlalu sering.

Kelebihan garam

Sejumlah pakar sepakat bahwa natrium berlebihan dalam usus akan meningkatkan aktivitas antigen dari bakteri Helicobacter pylori. Sehingga akan meningkatkan resiko terjadinya infeksi karena bakteri tersebut. Garam juga akan menyebabkan dorongan produksi enzim berlebihan pada lambung. Bila kerap terjadi kondisi demikian, ini bisa membahayakan kondisi lambung.

Kekurangan melatonin

Melatonin adalah senyawa alami tubuh yang diproduksi ketika kita beraktivitas di bawah sinar matahari. Senyawa ini penting untuk membantu kinerja sistem kelenjar dalam tubuh, termasuk lambung yang notabene memproduksi beragam enzim. Ini menyebabkan fungsi produksi enzim lambung terganggu dan menyebabkan gangguan lambung.

Mengonsumsi makanan yang sulit dicerna

Daging merah, sayuran mentah, makanan bergetah, makanan dengan kadar lemak tinggi adalah contoh sejumlah makanan yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Tentu saja, tubuh tetap membutuhkan asupan ini karena memiliki kandungan nutrisi yang penting. Tetapi atur pola makan dengan seimbang sehingga lambung tidak terus menerus bekerja keras. Karena lambung yang bekerja berlebihan akan menjadi penyebab penyakit lambung.