Tips Trik

7 Tips Optimalisasi WhatsApp untuk Kepentingan Bisnis

Summary

  Di era digital seperti saat ini, bisnis bisa dilakukan melalui internet hanya dengan memanfaatkan smartphone Anda. Ada banyak aplikasi-aplikasi canggih yang dikembangkan oleh para developer untuk menjalankan bisnis via smartphone, seperti yang banyak di-review oleh situs-situs teknologi internet seperti […]

Di era digital seperti saat ini, bisnis bisa dilakukan melalui internet hanya dengan memanfaatkan smartphone Anda. Ada banyak aplikasi-aplikasi canggih yang dikembangkan oleh para developer untuk menjalankan bisnis via smartphone, seperti yang banyak di-review oleh situs-situs teknologi internet seperti technicaltalk.net
Dari berbagai aplikasi tersebut, Anda sebenarnya bisa memanfaatkan aplikasi chatting yang sering Anda gunakan, whatsapp, untuk kepentingan dan keperluan bisnis Anda. Untuk mengoptimalisasi aplikasi whatsapp untuk keperluan bisnis, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut.

         Upgrade fitur whatsapp

    Untuk memiliki whatsapp yang optimal agar keperluan bisnis berjalan lancar, Anda perlu mengupgrade aplikasi whatsapp Anda agar mendapatkan fitur yang lebih lengkap dan canggih. Untuk mendapatkan fitur-fitur ini, Anda bisa menginstall gbwhatsapp yang memiliki berbagai kelebihan dibanding aplikasi whatsapp biasa. Review lebih lengkap mengenai gbwhatsapp bisa Anda cari di situs-situs yang membahas mengenai teknologi internet.

        Foto profil dan status

    Agar tampilan akun whatsapp Anda lebih meyakinkan sebagai akun yang menjalankan suatu bisnis, Anda sebaiknya memasang foto profil yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Saat ini whatsapp juga sudah memiliki fitur status yang bisa Anda manfaatkan untuk semakin memperkenalkan mengenai bisnis Anda pada orang-orang yang berada di kontak whatsapp Anda.

        Menggunakan whatsapp business

    Whatsapp business merupakan fitur whatsapp yang bisa digunakan oleh para pebisnis seperti pelaku UMKM, customer service, admin online, atau orang-orang yang membutuhkan aplikasi whatsapp untuk kegiatan bisnis mereka. Review mengenai whatsapp business bisa Anda cari di situs-situs yang membahas mengenai teknologi dan internet seperti technicaltalk.net.

         Testimoni konsumen

    Jika Anda menggunakan whatsapp untuk melakukan transaksi jual beli dengan konsumen Anda, jangan lupa untuk selalu memaintenance pelanggan-pelanggan Anda tersebut bahkan setelah mereka selesai menggunakan produk atau jasa Anda.
    Mintalah mereka mengirim teks mengenai testimoni mengenai kesan mereka setelah menggunakan produk atau jasa Anda. Testimoni ini bisa menjadi portofolio Anda yang bisa Anda bagikan di status whatsapp atau whatsapp grup.

          Memanfaatkan whatsapp grup

    Whatsapp juga memiliki fitur whatsapp grup yang bisa Andamanfaatkan untuk melakukan koordinasi seputar bisnis. Dengan menggunakan whatsapp grup, komunikasi antara Anda dengan tim-tim lain yang bergabung di bisnis Anda bisa semakin efektif dan efisien karena semua anggota tim telah terkumpul di satu room chat. Whatsapp grup juga bisa menjadi cara untuk Andamengumpulkan calon-calon konsumen yang tertarik dengan produk atau jasa yang dijalankan oleh bisnis Anda.

         Manfaatkan fitur pesan broadcast

    Fitur whatsapp lain yang bisa Anda manfaatkan untuk mengoptimalisasi whatsapp Anda adalah dengan pesan broadcast. Dengan fitur ini, Anda bisa lebih efektif dan efisien untuk mengirim pesan ke beberapa orang yang terkait dengan bisnis Anda tanpa harus mengetiknya berulang-ulang. Cara ini juga lebih efisien bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu.

         Menulis profil yang jelas

    Agar akun whatsapp Anda semakin meyakinkan dan tampak profesional, Anda perlu menulis profil yang jelas. Jelaskan secara singkat dan jelas mengenai diri Anda dan bisnis apa yang Anda jalankan pada kolom profil. Dengan ini, orang-orang yang menyimpan kontak Andadapat segera mengetahui informasi yang jelas tentang Anda.

    Itulah beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalisasi penggunaan whatsapp untuk kepentingan bisnis. Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa Anda lakukan dengan berbagai info dan tutorial yang bisa Anda cari di situs-situs yang membahas seputar teknologi internet seperti technicaltalk.net dan juga memanfaatkan fitur-fitur whatsapp lain dari gbwhatsapp.