Tips Trik

5 Resolusi Keuangan Terbaik di Tahun Baru

Summary

  Tahun baru tentunya tidak lengkap tanpa resolusi hidup baru. Idealnya, semua orang akan melakukan sejumlah perbaikan dan juga perubahan dalam segi positif yang akan membawa hidup mereka ke arah yang lebih baik dari sebelumnya, dan itu adalah tujuan dari […]

Tahun baru tentunya tidak lengkap tanpa resolusi hidup baru. Idealnya, semua orang akan melakukan sejumlah perbaikan dan juga perubahan dalam segi positif yang akan membawa hidup mereka ke arah yang lebih baik dari sebelumnya, dan itu adalah tujuan dari sebuah resolusi. Dari beberapa resolusi yang dilakukan, keuangan menjadi bagian yang sangat penting bagi kita. Jika anda sudah memiliki kondisi finansial yang cukup terkontrol di tahun lalu, tentu anda menginginkan kondisi yang lebih baik. Maka muncul lah resolusi keuangan yang akan hadir di tahun baru, hal ini sangat wajar karena dengan adanya resolusi keuangan kita dapat lebih mudah dan lebih efisien dalam mengatur kondisi keuangan lebih baik dari tahun tahun sebelumnya. Kami telah merangkum 5 resolusi keuangan tahun baru yang wajib anda lakukan demi kondisi finansial yang lebih baik, mari kita simak berikut ini : 

1. Lacak Pengeluaran

Sebagian besar orang sering terkejut ketika mereka memikirkan kembali kemana sebenarnya uang pakai. Mulailah dengan melihat laporan bank dan kartu kredit anda selama minimal 3 bulan dan catat pengeluaran anda pada lembar kerja atau notes pribadi. Untuk melacak uang yang dipakai, catat pengeluaran, simpan kwitansi, atau hanya gunakan uang tunai untuk jenis pengeluaran tertentu seperti makan di luar.

2.Buat Rencana Anggaran

Jika anda membelanjakan lebih banyak dari yang anda dapatkan atau tidak cukup menabung untuk mencapai tujuan anda, lihat apakah anda dapat menggunakan salah satu dari tips menghemat uang ini untuk mengurangi sebagian pengeluaran Anda. Seperti halnya diet, anggaran hanya sebagus seberapa baik anda mematuhinya. Pertimbangkan untuk menggunakan situs manajemen kas seperti Mint untuk memantau pengeluaran online anda secara gratis. Jika anda tidak ingin melacak setiap rupiah dan uang receh, anda juga bisa memberi diri anda sendiri tunjangan mingguan atau bulanan untuk pengeluaran diskresi seperti belanja, makan di luar, dan hiburan.

3.Periksa Cakupan Asuransi

Pastikan anda tidak hanya memiliki asuransi mobil dan pemilik rumah atau penyewa, terutama jika aset anda melebihi jaminan pertanggungan yang diberikan oleh properti dan kebijakan kecelakaan lainnya. Lihat cakupan apa yang anda dapatkan untuk cacat dan asuransi jiwa dari pekerjaan dan Jaminan Sosial dan beli cakupan tambahan jika anda membutuhkan lebih banyak. Akhirnya, jika anda berusia pertengahan 50-an hingga 60-an dan memiliki aset yang terbilang cukup besar nominal nya di luar rumah, anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli asuransi perawatan jangka panjang.

4.Membangun Dana Darurat

Idealnya, Anda akan membutuhkan cadangan uang tunai (dan bahkan makanan) yang cukup untuk menutup biaya hidup yang diperlukan setidaknya selama 3-6 bulan. Ingatlah bahwa hal ini harus ditempatkan yang aman dan mudah diakses, seperti rekening tabungan di bank, dan tidak diinvestasikan dalam hal yang berisiko.

5. Lunasi Semua Utang

Yang terakhir adalah dengan melunaskan semua utang yang dimiliki, baik itu uang makan yang anda pinjam dari kerabat kerja atau cicilan. Utang seolah menjadi beban dalam hal finansial, terutama jika utang ini bersifat konsumtif dan tidak memiliki timbal balik yang bagus untuk masa depan. Akan sangat baik jika anda segera melunasi utang utang yang anda miliki, tak perlu dipaksakan sekaligus, anda dapat membayar utang ini secara bertahap. Terlebih lagi jika utang yang dimiliki cukup besar, seperti cicilan kendaraan ataupun hal lain nya. Ini akan memudahkan anda nantinya dalam pengelolaan finansial.