Kesehatan

4 Cara Menghilangkan Ketombe Pada Kulit Kepala Yang Membandel

Summary

Ketombe hampir terjadi pada 50% manusia di dunia. Ketmbe menyebabkan kulit kepala yang gatal dan mengelupas, kedua hal tersebut adalah tanda khas dari kondisi berketombe. Tetapi ternyata kepala berketombe juga dapat menyebabkan gejala lain, yaitu berminyak pada bagian kulit kepala […]

8 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Ramuan Alami | merdeka.com

Ketombe hampir terjadi pada 50% manusia di dunia. Ketmbe menyebabkan kulit kepala yang gatal dan mengelupas, kedua hal tersebut adalah tanda khas dari kondisi berketombe. Tetapi ternyata kepala berketombe juga dapat menyebabkan gejala lain, yaitu berminyak pada bagian kulit kepala rambut.  Penyebab utama rambut berketombe yaitu karena kulit kering, dermatitis seboroik, sensitif pada beberapa produk rambut dan pertumbuhan jenis jamur tertentu yang hidup di area kulit kepala.

Meskipun sekarnag ini ada banyak sekali produk yang dijual bebas yang dibuat untuk mengatasi kepala yang berketombe, pengobatan alami bisa menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe yang paling efektif. Pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa cara pengobatan rumahan yang sederhana untuk menghilangkan ketombe pada kepala secara alami seperti yang dilansir oleh Berita terkini online.

  1. Menggunakan minyak pohon teh

Minyak pohon the sudah digunakan sejak jaman dahulu, minyak pohon teh sudah digunakan untuk mengobati penyakit kulit mulai dari kulit yang berjerawat hingga psoriasis. Minyak pohon teh juga terbukti memiliki sifat anti mikroba dan anti inflamasi (pembengkakan) yang kuat, yang bisa membantu meringankan gejala kulit kepala berketombe. minyak pohon teh juga sangat efektif melawan strain spesifik jamur yang dapat menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe pada kulit kepala. Minyak pohon the memang banyak digunakan untuk mengobati penyakit kulit dari jaman dahulu tetapi kalian harus mengingat bahwa minyak pohon teh ini dapat menyebabkan iritasi pada mereka yang memiliki kulit yang sensitif. Untuk kalian yang memiliki kulit sensitive tetapi ingin tetap mencoba cara yang satu ini, kalian bisa menambahkan beberapa tetes minyak pohon tes ke minyak kelapa sebelum megoleskannya langsung ke kulit kepala kalian.

  1. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu minyak yang serbaguna dan juga terkenal dengan berbagai manfaat untuk kesehatannya, minyak kelapa merupkan minyak yang sangat sering digunakan sebagai obat alami untuk masalah kulit, salah satunya adalah ketombe pada kulit rambut.  Minyak kelapa bisa membantu meningkatkan hidrasi pada kulit dan mencegah kulit kepala kering yang menyebabkan ketombe semakin parah. Minyak kelapa dan senyawa yang terkandung di dalamnya juga telah terbukti memiliki sifat antimikroba.

  1. Menggunakan Aloe Vera

Siapa sih yang tidak tahu dengan lidah buaya, tanaman yang sangat terkenal sangat serbaguna dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Lidah buaya adalah sejenis sukulen yang sering ditambahkan dalam salep kulit, kosmetik, dan losion. Saat dioleskan pada kulit, lidah buaya dipercaya bisa membantu mengobati kondisi kulit seperti luka bakar, psoriasis dan luka dingin. Dan lidah buaya juga bisa bermanfaat dalam pengobatan kulit kepala berketombe. Lidah buaya sudah dibuktikan memiliki aktivitas antibakteri dan antijamur yang dapat membantu melindungi kulit kepala dari ketombe. Lidah buaya juga memiliki aktivitas anti inflamasi ataupembengkakan yang dapat meredakan gejala kulit kepala berketombe.

  1. Hindari Stress

Stres adalah salah satu hal yang memengaruhi banyak aspek dalam kesehatan dan kesejahteraan. Stress merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi segalanya mulai dari kondisi kronis hingga kesehatan mental.meskipun stress bukanlah hal yang menyebabkan ketombe, tetapi stress dapat memperburuk gejalanya seperti berkeringat dan gatal-gatal.  Memiliki tingkat stres yang tinggi dalam jangka yang panjang dapat menekan aktivitas sistem kekebalan, sehingga sistem kekebalan yang lemah dapat mengurangi kemampuan tubuh kita untuk melawan beberapa infeksi jamur dan beberapa kondisi pada kulit yang bisa menyebabkan ketombe.