Ketika Anda berada di sekolah, lebih mudah untuk tetap fokus dan produktif daripada ketika Anda berada di rumah. Di rumah, Anda harus melakukan yang terbaik untuk menghindari iming-iming ponsel Anda, TV, laptop Anda, tempat tidur Anda, dan banyak lagi! Di sekolah, banyak dari gangguan ini bahkan tidak hadir. Jadi bagaimana mungkin setiap siswa, bahkan yang paling bertanggung jawab, belajar secara efisien ketika mereka tidak berada di lingkungan sekolah?

Ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan siswa dalam kehidupan sehari-hari mereka untuk memastikan bahwa mereka produktif saat mereka bekerja dari rumah. Jika Anda ingin dapat belajar keras di siang hari sehingga Anda dapat memiliki beberapa jam riang untuk diri sendiri di malam hari, lihat tips belajar yang mudah diterapkan ini.

Membuat Ruang Belajar Bebas Gangguan

Kunci untuk belajar di rumah adalah menciptakan ruang di dalam rumah Anda yang memiliki beberapa manfaat dari sekolah atau perpustakaan, dengan sesedikit mungkin gangguan rumah. Dengan kata lain, Anda memerlukan sudut di mana Anda dapat bekerja tanpa TV, tempat tidur, atau benda mengganggu lainnya di dekat Anda. Beberapa siswa telah mencapai hal ini dengan menyiapkan ruang belajar mereka di atas meja ruang makan di rumah mereka. Yang lain telah menyiapkan meja di lorong sehingga mereka tidak akan tergoda untuk pergi ke kamar mereka dan tidur. Beberapa mungkin dapat menggunakan ruang komputer umum atau ruang belajar. Tentu saja, ruang belajar ini tidak harus tandus dan polos. Anda dapat memiliki ruang belajar yang cerah dan nyaman dengan warna, cahaya, dan bahkan hal-hal menyenangkan seperti bola stres dan kursi bean bag ketika Anda perlu istirahat. Selama ini adalah ruang di mana Anda dapat memblokir seluruh dunia dan menghabiskan beberapa jam fokus pada tugas sekolah, Anda dapat menghias dan mengaturnya sesuka Anda. Ikuti Jadwal Seperti Sekolah.

Baca Juga : ATTITUDE DALAM KERJA UNTUK DUNIA KERJA

Cara termudah untuk meniru fokus dan produktivitas yang Anda miliki di sekolah adalah dengan mengerjakan jadwal yang sama seperti ketika Anda berada di sekolah.

Berpakaian Bagian

Ingat perasaan nyaman dan kemalasan yang Anda rasakan ketika Anda mengenakan piyama (beberapa dari Anda mungkin merasakannya sekarang)? Sekarang pikirkan tentang perasaan tujuan dan tekad yang dapat Anda rasakan setelah Anda mandi dan berpakaian untuk hari itu? Mereka pola pikir yang sangat berbeda, dan Anda mungkin bisa menebak mana yang terbaik untuk belajar dari rumah. Sesuatu yang sederhana seperti bersiap-siap di pagi hari seolah-olah Anda akan pergi ke sekolah benar-benar dapat menempatkan pikiran Anda dalam keadaan yang lebih ditentukan dan terfokus. Ini benar-benar dapat membantu Anda masuk ke pola pikir yang terfokus dan produktif itu. Dengan kata lain, jika Anda berpakaian bagian dari siswa yang terfokus, Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bertindak bagian dari siswa yang terfokus.  Jadi ketika Anda bangun di pagi hari, jika Anda tahu Anda memiliki hari yang panjang belajar di depan Anda, mandi, menyikat gigi, dan mengenakan pakaian seolah-olah Anda akan pergi ke sekolah. Anda mungkin akan merasa segar, bersih, dan siap untuk mengatasi pekerjaan hari itu.

Hindari Tempat Tidur Anda Di Semua Biaya

Sebagian besar siswa telah menjadi mangsa perangkap licik ini. Kita lelah di tengah hari karena produktif di pagi hari. Kami pikir kami bisa beristirahat tidur siang kecil. Hal berikutnya yang kita tahu, kita telah tidur hampir sepanjang sore dan kemudian bangun tidak ingin melakukan studi lagi. Ini sangat mudah dilakukan, dan dapat merusak apa yang bisa menjadi hari belajar yang sangat efektif. Jadi, sebagai aturan umum, ketika Anda mencoba untuk belajar, hindari tempat tidur Anda sebanyak yang Anda bisa. Cobalah untuk belajar di kursi atau di meja, di mana Anda harus duduk dan memperhatikan. Jika Anda membiarkan diri Anda berbaring atau mencoba belajar di tempat tidur, Anda dijamin merasa lebih mengantuk dan tidak produktif. Jika Anda tidak benar-benar memiliki ruang lain untuk belajar, cobalah untuk duduk di tempat tidur Anda dengan cara yang berbeda, jauh dari bantal Anda, sehingga Anda kurang tergoda untuk tertidur. Beristirahatlah. Tidak ada gunanya mencoba belajar selama 10-12 jam berturut-turut jika tubuh dan pikiran Anda tidak dapat menanganinya. Setelah beberapa jam pertama, Anda akan lelah, dan otak Anda tidak akan dapat menyerap dan menyimpan informasi sebaik mungkin jika Anda beristirahat. Pada titik ini, Anda dapat mempelajari semua yang Anda inginkan, tetapi Anda tidak akan belajar secara produktif.

Membentuk Kelompok Studi Virtual

Siapa bilang kelompok belajar harus secara langsung? Di hari ini dan usia, dengan teknologi seperti Zoom, Skype, FaceTime, atau hanya panggilan telepon biasa, Anda dapat terhubung dengan teman sekelas Anda dari kenyamanan rumah Anda dan saling membantu belajar seolah-olah Anda bersama di kelas. Ada beberapa manfaat bagi kelompok studi virtual. Beberapa platform konferensi video memungkinkan Anda untuk merekam pertemuan Anda, sehingga Anda dapat melihat kembali pada sesi belajar yang Anda dan rekan-rekan Anda miliki jika Anda pernah melupakan apa yang dikatakan. Anda juga dapat membisukan diri kapan pun Anda perlu sehingga Anda dapat melakukan banyak tugas, jika diperlukan. Akhirnya, lingkungan rumah tampaknya jauh lebih tidak kesepian dan mungkin bahkan lebih menyenangkan ketika Anda memiliki siswa seperti Anda untuk berbicara dengan Anda dan membandingkan catatan dengan. Jika Anda berpikir itu akan membantu produktivitas Anda, cobalah untuk terhubung dengan beberapa teman dan membentuk kelompok belajar virtual. Bahkan jika Anda tidak mendapatkan banyak dari itu secara akademis, itu mungkin bermanfaat bagi kesehatan mental Anda saat Anda belajar di rumah.

Baca Juga : PENTINGNYA MEMILIKI SKILL DALAM DUNIA KERJA

Dapatkan Tugas Anda Yang Lain Keluar Dari Jalan

Salah satu hal paling menyebalkan yang bisa terjadi pada seorang remaja adalah bekerja di zona tersebut, kemudian terganggu oleh orang tua mereka yang meminta mereka untuk mencuci piring, mencuci pakaian, dll. Mengambil istirahat yang tidak direncanakan selama waktu belajar Anda untuk melakukan sesuatu yang lain benar-benar dapat mengacaukan konsentrasi Anda. Sulit untuk kembali ke zona setelah Anda ditarik keluar darinya. Jadi jika Anda tahu bahwa Anda juga perlu melakukan beberapa pekerjaan rumah tangga selain pekerjaan rumah matematika Anda, cobalah untuk mengetuk tugas-tugas baik sebelum atau setelah sesi belajar Anda. Dengan cara ini, Anda tidak akan terus-menerus khawatir tentang menyelesaikannya, dan Anda akan cenderung tidak terganggu saat Anda mencoba untuk belajar.

By Drajad