Kulineran Malang

Kulineran Malang merupakan kota rekreasi di Jawa Timur. Lokasinya yang ada di daratan tinggi jadikan wilayah ini sejuk hingga membuat pelancong untuk kerasan lama-lama.

Pengunjung dimanja dengan beragam spot rekreasi menarik. Dimulai dari Museum Malang Tempoe Doeloe, Jawa timur Park, Daerah Beragam warna Jodipan, Sengkaling Water Park, Alun-alun Malang, Malang Night Paradise, dan beberapa coban atau air terjun.

Tetapi tidak cuma tempat wisata hanya itu, kamu harus juga meluangkan diri kamu untuk mencoba beragam kulineran Malang. Sedapnya beragam hidangan ciri khas Malang pasti makin memberikan kesan-kesan membahagiakan sepanjang berlibur di sini.

1. Bakpao Boldy

Mengawali rekreasi kulineran di Kota Bunga ini dapat dilaksanakan dengan mencicip Bakpao Boldy. Kamu juga dapat pilih isian bakpao sesuai dengan selera, seperti daging ayam cincang, kacang hijau, pasta kacang hitam, ayam kecap sampai babi kecap. Bakpao yang sudah menjadi legenda semenjak tahun 1950-an ini benar-benar pantas untuk masuk ke daftar arah rekreasi kulineran saat di Malang, ya!

2. Bakso President

Kulineran malang yang paling menjadi legenda setelah itu bakso president, malang memang populer sebagai sentral kulineran bakso tetapi ketenaran bakso presiden belum terpindahkan hingga saat ini.

Jessica Iskandar, Tora Sudiro, Aura Kasih, Duta ‘Sheila On 7,’ Momo ‘Geisha,’, Tommy Kurniawan pernah rasakan langsung begitu enaknya makan Bakso President.

Lokasinya yang ada tepat di samping rel kereta api jadikan pengalaman makan bakso ini akan diingat. Menu makanannya juga bermacam, dimulai dari pentol, tahu, siomay kering, siomay basah, sampai bakso bakar.

baca : 15 Tempat Liburan di Tasikmalaya yang Mesti Disinggahi

3. Pecel Kawi

Belum komplet rasanya tiba ke Malang, tetapi tidak coba pecel legendanya. Pecel Kawi sudah menyuguhkan menunya semenjak 1979 dan tidak pernah sepi dari pecinta. Tidak seperti pecel yang lain, bumbu kacangnya lebih renyah dan kental jadikan Pecel Kawi makin disukai oleh pelancong. Kamu juga bisa pilih lauk kegemaran, telur goreng, dadar jagung, sampai lele goreng.

4. Pos Ketan Legenda 1967

Pos Ketan ini sebagai salah satunya kulineran harus saat pelesiran ke Malang. Tahun awalnya dibukanya berada di nama kedainya, 1967. Sebelumnya, ketan cuman dihidangkan dengan kelapa parut. Tetapi, saat ini kamu dapat makan ketan yang dipadankan dengan meses, keju, nangka, pisang, susu, vla, gula merah, susu kedelai di sini.

5. Soto Geprak Mbah Djo

Soto Geprak Mbah Djo sebagai salah satunya kulineran Malang yang paling tua. Pertama kalinya dikenalkan oleh Mbah Djo di tahun 1930, resep rahasianya terus dipertahankan sampai sekarang. Selainnya soto, kamu bisa juga mencicip bakso uniknya yang digeprak sampai lembut.

6. Depot Hok Lay

Saat makan di sini, kamu akan sepakat jika lumpia nikmat bukan hanya dapat ditemui di Semarang. Warung yang berdiri semenjak tahun 1946 ini sediakan lumpia basah dan goreng. Sekali gigitan, kamu akan suka karena kulitnya yang tipis, crispy, dan renyah. Isian cacahan rebung dan wortel akan makin nikmat dengan hidangan sauce tauco.

baca : 10 Referensi Rekreasi di Surabaya, Pas untuk Berlibur Keluarga 2021

7. Sate Landak Bu Riang

Kulineran Malang ini cukup ekstrim, tetapi masih tetap memberi kesan sedap saat mencicipinya. Tak perlu takut karena daging landak yang dihidangkan rupanya mempunyai struktur halus.

Disamping itu, kandungan protein dari hewan berduri ini termasuk juga lumayan tinggi. Disamping itu, pengunjung bisa juga coba menu sate biawak dan sate bulus di sini. Hmm, tertarik?

8. Warung Lama H. Ridwan

Lebih tua dari Indonesia, warung legenda ini sudah ada semenjak 1919 dalam bentuk ditawarkan secara keliling. Baru di tahun 1925, H. Ridwan mempunyai kios dalam Pasar Besar Malang ini.

Warung ini selalu ramai karena rasa makanan yang dihidangkan demikian lezat. Awalannya, warung ini cuman sediakan sate komoh, ayam goreng, dan tempe goreng. Nach, sesudah nyaris seabad berakhir, kamu dapat makan rawon, sate usus sapi, atau krengsengan.

9. Depot Tahu Lontong Lonceng

Saat sebelum jadi warung masih tetap seperti saat ini, Depot Tahu Lontong Lonceng cuman sebagai penjual tahu dengan tenda bongkar-pasang semenjak 1935. Populer dengan kesedapannya, depot ini juga terus bertahan sampai sekarang ini.

Kekhasan warung ini karena memakai tahu, lontong, dan kecap dengan racikan bikinan sendiri. Langkah mengolahnya juga dengan masih menjaga bambu bakar. Yakinkan untuk berkunjung di sini saat menelusuri Malang, ya!

10. Puthu Lanang Celaket

Bu Supiah dan suaminya Abdul Jalal jualan putu keliling daerah semenjak 1936 sampai pada akhirnya tempati warung khusus pada 1993. Makanan legendaris ini mempunyai cita-rasa yang susah tertandingi, jadi lumrah bila jadi unggulan rekreasi kulineran di waktu malam di Malang. Dihidangkan dengan daun pisang makin menambahkan wewangian fresh dari putu.

11. Warung Rawon Djenggot
Alamat: Jl. Simpang Kawi No.1, Bersama, Klojen, Kota Malang

Warung Rawon Djenggot
Digerakkan oleh angkatan ke-2 , warung ini sudah dibuka semenjak tahun 1970-an. Berwarna hitam pekat menjadikan terlihat seperti cumi kuah hitam. Rupanya, warna hitam itu datang dari keluak atau kepayang. Makan rawon dengan sepiring nasi hangat tentu saja siap memberikan kepuasan selera makan saat berlibur ke kota malang.

12. Toko Oen 1930

Pecinta es cream jangan melewati Toko Oen yang sudah ada semenjak 1930 ini. Es cream di warung ini selalu disukai oleh wisatawan lokal atau luar negeri. Ada banyak opsi rasa yang bisa kamu coba saat bertandang.

Salah satunya ialah Tutti Fruity Cassata, es cream dengan bahan buah-buahan dan Morkus, es cream dengan cita-rasa kopi. Kamu akan betul-betul menyesal jika ke Malang, tetapi belum kesini.

baca : pulau kelapa kepulauan seribu

13. Ronde Titoni

Tidak seperti kota secara umum, malam hari di Malang akan berasa betul-betul dingin . Maka, minum Ronde Titoni untuk menghangatkan tubuh ialah hal yang jangan dilewati.

Warung yang telah bekerja semenjak 1948 ini tawarkan beragam opsi, seperti wedang ronde basah, wedang ronde kering, kacang kuah, sampai angsle (minuman hangat seperti kolak). Yok usir rasa dingin dengan minum ronde legenda ini!

Nantikan apalagi? Selekasnya membuka situs tripcetera untuk pesan ticket pesawat ke Malang dan telusuri rekreasi kulinerannya dengan merental mobil. Kamu tidak pernah berasa lapar sepanjang berekreasi di sini karena beberapa warung legendaris di atas siap menyongsong.